27 MAR 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 153 DILIHAT

Cara Atasi Anak Suka Makanan Manis

Tidak ada anak yang tidak menyukai gula atau makanan manis. Sayangnya, terlalu banyak makanan manis bisa merusak giginya, bahkan memicu obesitas. Biar anak tetap sehat, coba cara ini, ini yuk!

  1. Jangan melarangnya, tapi beri pengertian dan batasi

Anak memiliki rasa penasaran yang tinggi. Ketika dilarang, maka mereka akan semakin menginginkan makanan manis. Mereka akan mencari cara untuk menyelinap agar mendapatkan makanan manis secara diam-diam. Ajak anak bicara mengenai apa akibat terlalu banyak makan makanan manis, sehingga ia bisa belajar menikmatinya dengan penuh kesadaran, dan berhenti ketika sudah merasa cukup  

2. Hindari makanan manis sebagai alat untuk membujuk

Makanan manis seperti permen atau es krim sering digunakan sebagai alat untuk membujuk anak yang sedang rewel. Seiring pertumbuhannya, setiap kali mereka merasa sedih atau sukses besar, mereka akan mendambakan gula. Hal ini bisa berubah menjadi pola makan emosional yang tidak sehat.  

3. Hindari memberinya sebagai rewards

Memberikan permen, keripik, atau soda sebagai hadiah sering kali menyebabkan anak mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak, dan kalori kosong secara berlebihan. Yang lebih buruk lagi, hal ini mengganggu kemampuan alami anak dalam mengatur pola makannya.

4. Alihkan perhatiannya

Saat anak meminta permen, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain bersama, membaca, bermain puzzle, atau menyanyikan lagu. Seringkali keinginan akan makanan manis hilang karena mereka sebenarnya tidak lapar, melainkan hanya bosan.

5. Jaga kesehatan giginya

Jangan lupa untuk mengajarkan anak pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama setelah makan makanan manis. Pilihkan sikat gigi yang lembut seperti GlisterTM Kids Tootbrush dan pasta gigi khusus untuknya yang mengandung yang fluoride seperti GlisterTM Kids Toothpaste.

  • Pasta gigi GlisterTM Kids Toothpaste mengandung fluoride khusus untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak berusia dua tahun ke atas.
  • GlisterTM Kids Toothpaste dengan teknologi REMINACTTM yang membantu mencegah gigi berlubang dan melindungi enamel.
  • GlisterTM Kids Toothpaste bebas gula sehingga aman dan  rasa strawberry yang pasti bikin anak semakin rajin menggosok gigi!