03 JUL 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 482 DILIHAT

4 Langkah Mudah Cegah Gigi Anak Rusak

Gigi susu yang sehat sangat diperlukan sebagai penuntun untuk tempat tumbuhnya gigi permanen. Makanya, penting sekali menjaganya agar sehat.

Tanda awal kerusakan gigi anak

Meski sulit dikenali, namun Anda bisa melakukan langkah pencegahan agar gigi anak tidak mudah rusak. Kenali yuk tanda kerusakan awal gigi anak yaitu:

  • Tanda pertama kerusakan gigi adalah ketika muncul pita putih kusam di sepanjang garis gusi (area di dasar gigi, dekat gusi). Anda mungkin juga melihat bintik-bintik coklat pada gigi, dan gusi mungkin merah dan bengkak.
  • Jika parah, maka  akan terlihat lubang yang menghitam pada gigi atau gigi yang patah. Jika pembusukan telah menyebabkan infeksi, akan muncul benjolan atau jerawat pada gusi atau pembengkakan di sekitar gusi dan wajah.
Cegah dengan cara ini:

1. Sikat gigi dua kali sehari, menggunakan pasta gigi berfluoride.

Membersihkan dan merawat gigi anak sejak dini membentuk kebiasaan gigi yang baik seumur hidup. Gunakan sikat dan pasta gigi GlisterTM Kids:

a. GlisterTM Kids Tootbrush

Sikat gigi anak yang dirancang khusus untuk merawat perkembangan gigi dan gusi anak usia 2 tahun ke atas, yang memiliki bulu sikat yang lembut, bebas BPA, PVC dan Phthalate, sehingga aman untuk anak.

b. GlisterTM Kids Toothpaste

Pasta gigi mengandung fluoride khusus untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak berusia dua tahun ke atas, dengan teknologi REMINACTâ„¢ yang membantu mencegah gigi berlubang dan melindungi enamel

2. Makan makanan yang sehat dan rendah gula

  • Jenis makanan dan minuman yang Anda berikan kepada anak Anda juga mempengaruhi kesehatan gigi dan perkembangan kerusakan gigi.
  • Hindari memberi anak Anda biskuit atau kue manis.
  • Jika anak Anda makan sesuatu yang manis, minum segelas air atau makan makanan yang ramah gigi setelahnya dapat mengurangi jumlah asam pada gigi anak Anda.
  • Beberapa contoh makanan ramah gigi yang baik termasuk keju dan sayuran cincang seperti wortel dan seledri

3. Kembangkan kebiasaan makan yang sehat

Kebiasaan makan yang sehat juga dapat mencegah kerusakan gigi seperti makan diemut. Semakin lama makanan dan minuman berada di mulut anak, semakin besar kemungkinan asam untuk berkembang dan merusak email gigi.  

4. Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke dokter gigi

Pemeriksaan gigi secara teratur dapat membantu anak Anda menghindari kerusakan gigi. Dokter gigi Anda akan memberi tahu Anda seberapa sering anak Anda membutuhkan pemeriksaan. Dokter gigi biasanya merekomendasikan setiap 6-12 bulan.

Sumber:

https://raisingchildren.net.au...