29 NOV 2022 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 254 DILIHAT

Ketahui Makanan Tinggi Serat

Serat sangat penting untuk tubuh. Kebutuhan serat pangan harian masyarakat Indonesia sebesar 30 gram/hari. Namun, rata-rata hanya mampu mengonsumsi serat pangan antara 9,9 – 10,7 gram/hari.

Nah, berikut ini beberapa sumber makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

  1. Pir (3.1%)
    Pir adalah salah satu sumber serat buah terbaik. 
    Kandungan serat: 5,5 gram dalam buah pir berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

  2. Alpukat (6,7%)
    Alpukat sarat dengan lemak sehat, tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E dan berbagai vitamin B.
    Kandungan serat: 10 gram dalam satu cangkir, atau 6,7 gram per 100 gram.

  3. Pisang (2.6%)
    Pisang merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan kalium.
    Kandungan serat: 3,1 gram dalam pisang ukuran sedang, atau 2,6 gram per 100 gram (13).

  4. Wortel (2,8%)
    Wortel tinggi vitamin K, vitamin B6, magnesium dan beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda.
    Kandungan serat: 3,6 gram dalam satu cangkir, atau 2,8 gram per 100 gram.

  5. Brokoli (2,6%)
    Brokoli sarat dengan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, kalium, zat besi dan mangan dan mengandung antioksidan dan nutrisi yang ampuh melawan kanker.
    Kandungan serat: 2,4 gram per cangkir, atau 2,6 gram per 100 gram.

  6. Buncis (7,6%)
    Kacang buncis adalah jenis kacang-kacangan lain yang kaya nutrisi, termasuk mineral dan protein.
    Kandungan serat: 12,5 gram per cangkir buncis matang, atau 7,6 per 100 gram.

  7. Quinoa (2,8%)
    Quinoa sarat dengan banyak nutrisi, termasuk protein, magnesium, besi, seng, kalium dan antioksidan.
    Kandungan serat: 5,2 gram per cangkir quinoa yang dimasak, atau 2,8 per 100 gram.

  8. Oat (10,6%)
    Oat sangat tinggi vitamin, mineral dan antioksidan.
    Kandungan serat: 16,5 gram per cangkir gandum mentah, atau 10,6 gram per 100 gram.

  9. Popcorn (14,5%)
    Popcorn berondong udara sangat tinggi serat, namun seratnya akan berkurang jika Anda menambahkan kalori.
    Kandungan serat: 1,2 gram per cangkir popcorn berondong udara, atau 14,5 gram per 100 gram.

  10. Almond (12,5%)
    Almond sangat kaya akan banyak nutrisi, termasuk lemak sehat, vitamin E, mangan dan magnesium.
    Kandungan serat: 3,4 gram per ons, atau 12,5 gram per 100 gram.

  11. Biji Chia (34,4%)
    Biji chia adalah biji hitam kecil yang sangat bergizi, mengandung magnesium, fosfor, dan kalsium dalam jumlah tinggi.
    Kandungan serat: 10,6 gram per ons biji chia kering, atau 34,4 gram per 100 gram.

  12. Cokelat Hitam (10,9%)
    Cokelat hitam salah satu makanan paling kaya antioksidan dan padat nutrisi. Pastikan untuk memilih cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao 70–95% atau lebih tinggi dan hindari produk yang mengandung gula tambahan.
    Kandungan serat: 3,1 gram dalam potongan 1 ons, atau 10,9 gram per 100 gram.

Nutrilite juga kaya serat!

Anda juga bisa mendapatkan manfaat serat dalam produk Nutrilite, yaitu NUTRILITETM HI-FIBER.

  • Perpaduan unik dari tiga sumber serat (akar chicory/inulin, maltodekstrin, guar gum)
  • Menyediakan 4 gram serat per sajian
  • Kemasan stik yang praktis
  • Dapat disajikan bersamaan makanan atau minuman.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol jika diimbangi dengan pola makan rendah lemak.