19 SEP 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 287 DILIHAT

6 Makanan Tingkatkan Kolesterol Baik

Siapa sangka, beberapa makanan ini tak hanya sehat namun juga mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Wajib dikonsumsi, nih.

  1. Oatmeal
    Oatmeal mengandung serat larut, yang mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL), atau si kolesterol "jahat". Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti kacang merah, kubis Brussel, apel, dan pir. Satu porsi sereal sarapan dengan oatmeal menyediakan 3 hingga 4 gram serat. Jika menambahkan buah, seperti pisang atau beri, kamu akan mendapatkan lebih banyak serat lagi.

  2. Ikan berlemak
    Ikan berlemak memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mengurangi trigliserida (sejenis lemak yang ditemukan dalam darah) serta mengurangi tekanan darah dan risiko pembekuan darah. Kadar asam lemak omega-3 tertinggi terdapat pada ikan kembung, ikan haring, tuna, salmon, dan ikan trout.

  3. Almond dan kacang lainnya
    Almond dan kacang-kacangan lainnya dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Sebuah studi* baru-baru ini menyimpulkan bahwa diet yang dilengkapi dengan kenari dapat menurunkan risiko komplikasi jantung pada orang dengan riwayat serangan jantung.

  4. Alpukat
    Alpukat adalah sumber nutrisi yang kuat serta asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan alpukat sehari ke diet jantung sehat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

  5. Minyak zaitun
    Minyak zaitun tidak hanya kaya antioksidan tetapi juga lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang merupakan jenis lemak yang lebih sehat. Lemak ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Gunakan minyak zaitun untuk menumis, salad, atau pengganti mentega saat mengolesi daging/roti.

  6. NutriliteTM Hi-Fiber
    NutriliteTM Hi-Fiber adalah produk yang diformulasikan secara khusus oleh Nutrilite dan tinggi serat pangan, merupakan perpaduan unik dari 3 sumber alami serat (ekstrak chicory, guar gum, dan maltodekstrin) yang dikemas dalam bentuk sachet yang mengandung 4 gram serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan kadar kolesterol**.

*https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...

** Jika disertai dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol