19 MAY 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 96 DILIHAT

4 Cara Cegah Cedera Saat Olahraga

Sering mengalami memar, keseleo, tegang, cedera sendi saat olahraga?
Coba, deh, lakukan beberapa langkah ini untuk mencegahnya.  

  1. Pemanasan
    Pemanasan penting untuk menyiapkan tubuh siap berolahraga dengan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah ke otot. Lakukan pemanasan setidaknya 5-10 menit, dimulai dengan latihan kardiovaskular lembut dan akhiri dengan gerakan khusus olahraga yang meniru apa yang dibutuhkan tubuh selama sisa latihan, tetapi dengan intensitas yang lebih rendah.  

  2. Peregangan
    Setelah otot hangat, otot menjadi lebih elastis dan siap untuk diregangkan. Lakukan peregangan statis (menahan setiap posisi selama 10-30 detik) atau peregangan dinamis (menggerakkan tubuh melalui rentang gerak fungsional) yang akan membantu mempersiapkan otot, sendi, dan tendon untuk bekerja.

  3. Pendinginan
    Pendinginan membantu mengembalikan tubuh, detak jantung, dan otot dengan aman ke kondisi istirahatnya. Pendinginan segera setelah latihan akan membantu mengurangi nyeri otot yang tertunda dan membantu pemulihan yang akan membantu mempersiapkan tubuh untuk latihan berikutnya.

  4. Istirahat dan pulihkan
    Istirahat sangat penting untuk menghindari cedera dan melihat kemajuan dalam program pelatihan. Jangan lupa minum dan tambahkan NutriliteTM Hi protein Berry, minuman protein dengan rasa berry yang segar. Setiap sajian NutriliteTM Hi protein Berry mengandung 150 kkal, 13 gr protein, 56 mg vitamin C,  dan 346 mg kalsium. NutriliteTM Hi protein Berry mendukung asupan kalsium dan vitamin C, juga membantu proses pemulihan sehabis latihan.  
    Protein dengan cepat mengirimkan asam amino ke dalam aliran darah tepat pada saat paling dibutuhkan. Mengonsumsi NutriliteTM Hi protein Berry setelah berolahraga akan membantu otot-otot  yang lelah pulih lebih cepat dan bangkit kembali dengan lebih kuat.