24 MAR 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 546 DILIHAT

Kiat Olahraga Aman Saat Puasa

Biar tetap fit, saat berpuasa pun kita perlu berolahraga. Ikuti tipsnya biar tubuh tidak dehidrasi dan puasa tetap lancar.


  1. Perhatikan intensitas
    Untuk menghemat energi, tetaplah berolahraga dengan intensitas rendah hingga sedang saat berpuasa. Di minggu pertama puasa pilih olahraga dengan intensitas rendah untuk menghindari dehidrasi. Melakukan aktivitas dengan intensitas rendah dalam waktu yang cukup lama dapat menghasilkan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi. Cobalah jalan kaki jarak pendek dan sedikit peregangan otot untuk tetap aktif.

  2. Sesuaikan waktunya
    Setiap orang bisa saja memiliki waktu olahraga yang tak sama. Sesuaikan waktu olahraga senyaman kamu. Jika olahraga di awal puasa, tubuh masih memiliki banyak nutrisi yang tersimpan untuk memicu latihan. Namun jika menjelang berbuka, tubuh akan cepat ternutrisi kembali begitu waktu berbuka tiba.

  3. Tetap terhidrasi
    Berubahnya jam makan dan minum bukan berarti tidak memenuhi asupan minum harian (8 gelas sehari). Justru minumlah air putih lebih banyak dari biasanya saat berpuasa agar terhindar dehidrasi. Pastikan air minummu bebas kontaminan dengan menggunakan eSpring™ Water Treatment System, penyaring air yang meningkatkan rasa, bau dan kualitas air minum sehari-hari. eSpring™ Water Treatment System secara efektif efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.

  4. Menu makan bergizi seimbang
    Tak hanya air yang cukup, saat berpuasa tubuh juga memerlukan asupan nutrisi yang seimbang. Pilih sumber karbohidrat kompleks dari biji-bijian utuh seperti beras merah atau sereal gandum; buah-buahan dan sayuran segar; sumber protein sehat termasuk susu, yogurt, telur, kacang-kacangan; juga lemak sehat yang bersumber dari kacang-kacangan dan buah zaitun.

  5. “Dengarkan” tubuhmu
    Ketahui kapan tubuh memberi tahu kalau berlebihan melakukan olahraga. Perhatikan sinyal tubuh dan berhentilah berolahraga jika kamu merasa mual, pusing, atau sakit kepala. Jika mulai merasa lemas atau pusing, kemungkinan mengalami gula darah rendah atau mengalami dehidrasi.