08 DEC 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 145 DILIHAT

6 Fakta Tentang Keringat

Banyak hal menarik tentang keringat. Tak hanya tentang baunya, keringat ternyata juga berperan melindungi tubuh. Cek faktanya, yuk!

  1. Keringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan
    Saat tubuh mulai merasakan kepanasan, tubuh memproduksi keringat untuk mengontrol suhu. Dengan mempromosikan kehilangan panas melalui penguapan, keringat membantu mengatur suhu tubuh kita.

  2. Keringat sebagian besar terdiri dari air
    Ada banyak jenis kelenjar pada tubuh manusia, tetapi umumnya hanya dua yang utama yang dikenali:
    • Kelenjar ekrin menghasilkan sebagian besar keringat, terutama yang berair, sebagian besar terkonsentrasi di telapak tangan, telapak kaki, dahi, dan ketiak.
    • Kelenjar apokrin kebanyakan berada di ketiak, selangkangan, dan area payudara. Karena berada di dekat folikel rambut, biasanya baunya tidak sedap.

  3. Keringat sebenarnya tidak berbau
    Jadi mengapa muncul bau tak sedap saat berkeringat? Sebabnya adalah ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan sekresi apokrin, maka dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

  4. Makanan pedas bisa merangsang kelenjar keringat
    Makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa menipu otak untuk berpikir bahwa suhu tubuh meningkat sehingga memicu produksi keringat. Selain makanan pedas, bawang putih, bawang bombay, atau kubis dapat memperparah bau badan.

  5. Pria sebenarnya tidak lebih banyak berkeringat daripada wanita
    Di masa lalu, para peneliti hampir selalu menyimpulkan bahwa pria lebih banyak berkeringat daripada wanita. Namun, dalam studi yang lebih baru dari 2017*, peneliti menemukan bahwa sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, melainkan berkaitan dengan ukuran tubuh.

  6. Noda kuning pada baju karena reaksi kimia
    Sama seperti tidak berbau, keringat itu sendiri juga tidak berwarna. Noda kuning pada baju biasanya disebabkan oleh reaksi kimia antara keringat dan antiperspiran (biasanya aluminium) dengan pakaian. Makanya, gunakan anti-perspirant yang berbahan alami seperti G&H PROTECT+™ Deodorant & Anti-Perspirant Spray.
    G&H PROTECT+™ Deodorant & Anti-Perspirant Spray memberi perlindungan bau badan 48 jam dan bisa mengurangi bau kaki. Mengandung ekstrak lichen plus yang membantu mengurangi penumpukan bakteri penyebab bau badan, juga vitamin C membantu mencegah ketiak berwarna gelap. G&H PROTECT+™ Deodorant & Anti-Perspirant Spray cepat kering, tidak meninggalkan noda pada pakaian, bebas alkohol, serta telah teruji oleh dermatologist.

*https://physoc.onlinelibrary.w...