23 JUL 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 116 DILIHAT

Tubuh Bebas Bau Badan

Setiap orang memang memiliki bau badan (body odor) yang unik dan khas. Namun, jika mendadak bau badan Anda berubah tak sedap, sebaiknya atasi secepatnya.

Mengapa bau badan berubah?

Perubahan bau badan disebabkan banyak hal seperti pubertas, keringat berlebih, konsumsi obat tertentu, atau kebersihan yang buruk.

Namun, jika bau badan yang awalnya biasa mendadak berubah menjadi tak sedap biasanya disebabkan oleh perubahan gaya hidup, pola makan, bahkan mengindikasikan penyakit tertentu seperti diabetes.

Tips membantu mengatasi bau badan tak sedap

  1. Jaga kebersihan tubuh
    Menjaga kebersihan tubuh adalah yang utama. Selain untuk membersihkan tubuh dari kotoran, juga mencegah bakteri penyebab bau badan berkembang biak. Caranya:
    • Mandi secara teratur, 2 kali sehari atau setelah melakukan aktivitas yang berkeringat.
    • Jangan menggunakan kaos atau baju yang sudah dipakai. Ganti juga baju ketika basah atau berkeringat.
    • Jaket atau sweater yang menyentuh ketiak harus dicuci setiap habis pakai untuk mencegah keringat dan bakteri menyebar ke sweater dan lapisan luar.

  2. Kenakan baju berbahan serat alami\
    Bahan yang Anda kenakan sangat penting. Meskipun mahal, serat yang tidak alami seperti poliester dan spandeks adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Sebaiknya kenakan baju berbahan serat alami seperti katun atau linen.

  3. Langsung ganti baju begitu selesai berolahraga
    Lepaskan pakaian olahraga yang berkeringat segera setelah Anda selesai berolahraga, lalu gantilah dengan baju yang bersih. Tak ada salahnya selalu membawa baju cadangan ketika harus beraktivitas di luar rumah.

  4. Kurangi makanan pemicu bau badan
    Makanan yang mengandung belerang, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, bawang putih, dan rempah-rempah bisa membuat bau badan makin tajam. Kurangi konsumsinya agar tak mempengaruhi bau pada badan.

  5. Pilih deodoran yang tepat
    Menemukan deodoran yang tepat bisa membuat frustasi hasilnya seringkali kurang memuaskan. Cobalah G&H PROTECT+™ Deodorant & Anti-Perspirant Roll On yang akan membantu memberi perlindungan bau badan 48 jam, tanpa menyebabkan iritasi atau perubahan pada warna kulit ketiak. Dilengkapi teknologi enkapsulasi yang melepaskan keharuman segar saat tubuh bergerak.