09 JAN 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 248 DILIHAT

Sebelum Tidur Hindari Makanan Ini!

Kebiasaan makan memengaruhi kualitas tidur, yang akhirnya juga memengaruhi program dietmu.
Ada 4 makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur, lho!

  1. Makanan berlemak atau berprotein tinggi
    Kerja pencernaan secara alami melambat saat tidur. Jika tidur terlalu cepat setelah makan malam steak atau makanan berprotein tinggi lainnya maka dapat menyebabkan gangguan tidur, karena perut akan terasa kenyang dan tidak nyaman. Makanan tinggi lemak jenuh memiliki efek mengganggu pola tidur yang serupa.

  2. Makanan pedas
    Makanan pedas dapat menyebabkan sakit maag yang menyakitkan sehingga membuat sulit berbaring dengan nyaman dan lebih sulit tertidur. Beberapa makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk mendinginkan tubuh hingga tertidur.

  3. Kafein
    Minum kafein di sore hari berpotensi mengganggu tidur, karena kafein merupakan stimulan yang dirancang untuk membuat tetap waspada. Kafein juga disembunyikan dalam makanan lain seperti coklat dan bahkan es krim, lho!

  4. Alkohol
    Setelah efek alkohol hilang, biasanya akan tiba-tiba terbangun dan kesulitan untuk kembali tidur lagi. Alkohol juga dapat memperburuk gejala OSA (Obstructive Sleep Apnea) seperti tidur mendengkur.

  5. Makanan asam
    Makanan asam seperti jeruk dapat menyebabkan mulas atau naiknya asam lambung, sekaligus membuat lebih sulit tertidur.


Tips biar tidur nyenyak

  • Jika membutuhkan camilan sebelum tidur, pertimbangkan karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum, yang mudah dicerna, atau makanan berserat tinggi seperti buah segar, sayuran, dan biji-bijian.
  • Siapkan suasana tidur yang nyaman, matikan gadget, dan nyalakan AtmosphereTM Mini agar menghirup udara bebas kontaminan saat terlelap.
  • Diffuse Tanamera Oil ZEN. Aroma lavender-nya akan menenangkan dan membuat tidur terlelap. Tanamera Oil ZEN terbuat dari 100% pure essential oil blend yaitu Lavender, Bergamot, Clary Sage, dan Roman Chamomile, yang memberi efek menenangkan dan rileks.