16 JUN 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 657 DILIHAT

Pentingnya Probiotik pada Anak

Apa itu probiotik?

Merupakan bakteri baik yang membantu memicu pertumbuhan bakteri baik, menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk.

Fakta tentang probiotik

American Family Physician menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengobati penyakit radang usus. Mereka juga dapat mengurangi durasi diare yang disebabkan oleh gastroenteritis. Ketika diberikan kepada ibu hamil dan menyusui, probiotik dapat mengurangi perkembangan eksim dan alergi pada bayi.

Sebuah studi yang diterbitkan di JAMA Pediatrics menemukan bahwa pemberian probiotik pada bayi dalam tiga bulan pertama kehidupan dapat membantu mencegah kolik, sembelit, dan refluks asam.

Manfaat probiotik

Keseimbangan antara bakteri baik dan jahat itu adalah bagian penting dari sistem kekebalan. Tapi itu bisa dengan mudah menjadi tidak seimbang karena makanan olahan, stres, dan faktor lingkungan.

“Populasi bakteri di usus adalah tempat kekebalan dan fungsi pencernaan berpotongan,” kata Kristin Morris, ilmuwan peneliti senior untuk vitamin dan suplemen makanan merek Nutrilite™. “Usus melakukan banyak hal, termasuk mengajari sistem kekebalan Anda bagaimana berperilaku.”

Makanan dan suplemen kaya probiotik

Salah satu cara memberikan probiotik pada anak adalah dengan memberi mereka makanan yang secara alami kaya akan probiotik, seperti yogurt, kefir, kombucha, sauerkraut, atau bahan fermentasi lainnya. Selain itu, pastikan anak menjaga kebersihan tangannya dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika perlu, dan menghindari menyentuh wajah.