23 DEC 2020 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 396 DILIHAT

Jangan Salah Pilih Air Purifier

Tahukah Anda, menurut WHO pada 2016, 92% udara di seluruh dunia sudah masuk di ambang batas udara tidak sehat. Tidak heran air purifier menjadi salah satu produk yang trendnya terus naik dan bertumbuh. 

Air purifier adalah suatu alat yang bisa membersihkan udara yang dihirup. Penggunaan air purifier menjadi sebuah jaminan bahwa udara yang Anda hirup sehat dan bebas dari kontaminan berbahaya.

Air purifier vs AC

Air Purifier tidak mendinginkan ruangan seperti AC, melainkan bekerja dengan cara menyaring virus dan bakteri di udara sehingga dapat menghasilkan udara bersih dan segar.

6 jenis tekhnologi air purifier yang beredar di pasaran :

1. Plasmacluster

Menghasilkan radikal OH serta melepaskannya ke udara. Fungsi dari Radikal OH ini bisa membunuh organisme bersel tunggal semisal kuman.

2. Ozone

Menghasilkan ozon yang berguna untuk membunuh kuman namun membahayakan lingkungan. Penggunaannya di rumah dilarang oleh US EPA dan Singapore’s National Environmental Agency.

3. Ionizer

Hanya berfungsi untuk melepaskan ion negatif yang berguna bagi kesehatan. Umumnya sistem ini digabungkan dengan sistem yang lain.

4. UV Light generator

Alat pembersih udara bersistem cahaya UV yang bisa membunuh kuman, namun tidak bisa membersihkan debu serta bau.

5. HEPA

HEPA bisa menangkap seluruh partikel debu walaupun ukuran debu tersebut sangat kecil. Air purfier jenis ini banyak dipakai di ruangan operasi serta ruangan ICU.

6. Carbon Filter

Alat pembersih yang menggunakan sistem prefilter, efektif menghilangkan bau. Sayangnya, menggunakan carbon filter yang tipis sehingga kurang efektif dalam melakukan filtrasi udara.

Penting diperhatikan sebelum membeli produk air purifier :

1. Perhatikan kapasitas udara dalam melakukan pembersihan

Baca spesifikasi produk dengan lebih detail sehingga Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan luas ruangan Anda.

2. Pilih produk yang memiliki filter

Produk air purifier yang memiliki tekhnologi filter (Hepa dan Carbon) akan memiliki performa kerja yang lebih baik di bandingkan tekhnologi lainnya.

3. Pastikan produk memiliki sertifikasi

Sertifikasi merupakan salah satu bukti bahwa produk berkualitas dan aman. Pastikan Anda membeli produk yang sudah tersertifikasi UK Allergy.

Jika Anda sudah merasakan kebersihan udara di rumah, maka saatnya Anda merasakan kebersihan udara saat berkendara. Tunggu terobosan terbaru dari Amway, Maret 2018.