16 MAR 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 106 DILIHAT

Ini Sebab & Solusi Napas Bau Saat Puasa

Ternyata napas bau tak sedap saat puasa adalah sesuatu yang wajar, jadi jangan minder dulu atau malah “puasa ngomong”. Nih, solusinya!

Mengapa napas bau tak sedap saat puasa?

Biasanya napas mengeluarkan bau tak sedap ketika puasa dipicu oleh beberapa sebab seperti:

  • Menu sahur berupa makanan yang berbau menyengat.
  • Menurunnya produksi air liur karena puasa. Semakin kering kondisi mulut, semakin tidak sedap aroma napas.
  • Efek samping proses metabolisme. Ketika menggunakan cadangan lemak dalam tubuh, maka tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton (bau tak sedap) yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas.
  • Malas menggosok gigi setelah sahur atau sebelum tidur.

 Cara mencegahnya

  1. Sikat gigi secara rutin
    Pastikan untuk menyikat gigi secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mampu membersihkan sekaligus menjaga kesegaran napas seperti GlisterTM Multi-Action Toothpaste. Pasta gigi GlisterTM Multi-Action Toothpaste mampu membantu menghilangkan noda dan plak. Teknologi ReminactTM dan fluoride pada GlisterTM Multi-Action Toothpaste mampu mencegah gigi berlubang dan memperkuat gigi. 

  2. Gunakan GlisterTM Multi-Action Dental Floss
    Sisa-sisa makanan yang terselip didi gigi memicu pertumbuhan bakteri. Untuk area yang sulit gunakan GlisterTM Multi-Action Dental Floss. Benang gigi GlisterTM Multi-Action Dental Floss menggunakan desain benang gigi yang flat, yang terbukti mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi bahkan gigi yang rapat sekalipun.

  3. Banyak minum air putih
    Kurang konsumsi air minum saat buka dan sahur bikin mulut kering dan memicu bau mulut tak sedap. Perbanyaklah minum air putih selama sahur dan berbuka puasa untuk mencegah bau mulut sekaligus menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

  4. Perbanyak makan sayur
    Buah dan sayuran segar seperti apel, wortel, dan seledri, mampu membantu membersihkan plak penyebab bau dan partikel makanan dari mulut, sehingga meminimalkan bau mulut tak sedap.