14 JUL 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 546 DILIHAT

Gigi Anak Rusak? Bunda Wajib Tahu Ini!

Mengapa gigi anak rusak?

Selain kebiasaan makan makanan manis seperti permen dan kurang merawat gigi, enamel (lapisan luar yang keras) jauh lebih tipis dan lebih lembut ketimbang gigi susu, sehingga lebih berisiko mengalami pembusukan. Itu sebabnya banyak anak mengalami masalah pada giginya, terutama gigi berlubang.

Pentingnya merawat gigi sejak kecil

Gigi susu membantu anak-anak untuk makan dan berbicara. Mereka juga memandu gigi permanen dewasa ke posisinya, jadi penting untuk merawat gigi anak sejak awal.

Penyebab kerusakan gigi pada anak kecil

Kerusakan pada gigi biasanya disebabkan oleh aktivitas bakteri yang berada di mulut memakan gula dari sisa makanan dan minuman yang tertinggal di mulut. Bakteri ini menghasilkan asam, yang merusak permukaan luar gigi (enamel). Air liur memang membantu memperbaiki kerusakan ini, namun jika semakin banyak kerusakan, maka akan meninggalkan rongga atau 'lubang' di gigi.

Pentingnya deteksi dini kerusakan gigi pada anak usia dini

Pada tahap yang sangat awal, karies anak usia dini dapat diatasi dengan perawatan oleh dokter gigi atau profesional kesehatan mulut lainnya. Sayangnya, karena tahap awal sulit untuk dilihat, dalam banyak kasus pembusukan anak usia dini tidak diketahui sampai tahap selanjutnya yang lebih serius.

Untuk itu selalu biasakan anak merawat giginya dengan menyikat gigi sehari dua kali terutama sebelum tidur. Sediakan sikat gigi dan pasta gigi GlisterTM Kids. Kandungan fluoride pada pada pasta gigi GlisterTM Kids dapat membantu menyimpan kembali mineral alami yang penting kembali ke email gigi sehingga gigi menjadi lebih kuat.

Sumber:

https://www.betterhealth.vic.g...