14 FEB 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1605 DILIHAT

Gejala Flu? Lakukan Ini!


Flu cepat sekali menyelinap di sela aktivitas Anda. Bisa jadi Anda segar beraktivitas sepanjang hari, esoknya tenggorokan terasa gatal. Sehari setelah itu Anda mulai batuk dan bersin, dan gejalanya berawal dari situ.

Manfaat gejala

Gejala yang ditunjukkan tubuh kita secara bertahap ternyata memiliki manfaat, yaitu memberi waktu bagi Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pertahanan alami untuk melawan infeksi dengan lebih baik.

Cara meringankan gejala flu

Jika Anda mengalami gejala flu seperti tenggorokan terasa gatal, batuk, atau bahkan demam, lakukan beberapa cara berikut untuk meringankan:

1.  Beristirahat

    Mulailah dengan memperlambat dan banyak istirahat. Kurang tidur dapat membuat Anda lelah, sehingga rentan terhadap serangan kuman. Dokter menganjurkan orang dewasa untuk tidur 7 hingga 9 jam setiap malam, memberikan waktu tubuh untuk menyembuhkan, memperbaiki, dan menangkal infeksi.

    2.  Minum banyak cairan

      Tetap terhidrasi adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda sementara sistem kekebalan Anda bersiap-siap untuk bertarung. Air dan minuman bebas gula adalah yang terbaik karena dapat membantu melawan dehidrasi yang berhubungan dengan demam. Selain itu, teh hangat dengan lemon dan madu dapat meredakan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk.

      3.  Kurangi stres

        Studi menunjukkan stres kronis menekan sistem kekebalan dengan memangkas jumlah sel yang membentuk garis depan pertahanan. Ketegangan juga meningkatkan suplai kortisol tubuh, hormon stres yang dapat merusak sistem kekebalan dan membuat Anda lebih rentan terhadap flu.

        Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, lakukan sesuatu yang membuat Anda rileks seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau bermeditasi.

        4.  Pengobatan rumahan

          Anda bisa melakukan pengobatan a la rumahan seperti menyesap cairan panas (sup panas, teh panas, atau kaldu tulang) yang membantu Anda terhidrasi sambil mengurangi kemacetan dengan meningkatkan aliran lendir.

          5.  Nutrisi yang baik

            Nutrisi yang baik dapat membantu memperkuat daya tahan alami tubuh Anda terhadap penyakit, dan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, dan brokoli, adalah awal yang baik. Tambahkan juga Trio Foundation (NutriliteTM Hi-Protein All Plant, NutriliteTM Salmon Omega-3 Complex, NutriliteTM Double X) dan Double Protection untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Double Protection terdiri dari:

            • Nutrilite™ Hi-fiber Powder

            Mengandung manfaat chicory untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

            • Nutrilite™ Wheat Germ-E

            Mengandung vitamin E dari minyak biji gandum sebagai antioksidan yang akan membantu meningkatkan fungsi imunitas terhadap stres oksidatif.

            • Nutrilite™ Bio C Plus Extended Release

            Sumber alami vitamin C dan fitonutrisi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh tidak mudah ngedrop.