08 MAY 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 151 DILIHAT

5 Penyebab Kulit Ketiak Gelap

Banyak faktor yang menyebabkan kulit area sekitar ketiak berwarna gelap.
Cek, yuk apa penyebabnya dan cara mencegahnya.

  1. Reaksi terhadap produk perawatan ketiak
    Kamu harus memastikan produk deodoran yang kamu pakai benar-benar berbahan yang aman karena beberapa deodoran mengandung bahan kimia tertentu yang dapat mengiritasi kulit. Iritasi ini dapat menyebabkan penggelapan atau penebalan kulit seiring berjalannya waktu.

  2. Hiperpigmentasi
    Kulit area ketiak terlihat gelap bisa juga disebabkan penumpukan sel kulit mati atau hiperpigmentasi. Jika terlalu banyak sel kulit mati yang berkumpul di satu area, maka pigmen kulit pun bisa terlihat lebih gelap. 

  3. Efek samping pengobatan
    Cek juga apakah kamu sedang menjalankan pengobatan karena obat-obat tertentu bisa memiliki efek samping seperti menggelapkan kulit area ketiak.

  4. Masalah saat mencukur/waxing bulu ketiak
    Penggunaan alat cukur dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan ketiak menjadi gelap. Kulit ketiak sangat lembut dan sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Jika tidak berhati-hati, luka akibat pisau cukur, benjolan, dan rambut yang tumbuh ke dalam dapat menyebabkan ketiak menjadi gelap.

  5. Pengaruh hormon
    Kulit bisa menjadi gelap karena ketidakseimbangan hormon. Biasanya banyak dialami wanita, terutama saat hamil atau menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Kadar progesteron dan estrogen yang tidak normal dapat merangsang produksi melanin berlebih, menyebabkan area sensitif (seperti ketiak) menjadi lebih gelap.

Solusinya, gunakan deodoran yang aman

Agar area kulit ketiak tetap berwarna cerah, rawat kulit ketiak menggunakan deodoran yang aman seperti G&H Protect+TM Antiperspirant Deodorant Roll-On. Produk  G&H Protect+TM Antiperspirant Deodorant Roll-On ini selain mampu mencegah timbulnya bau badan tidak sedap dan keringat berlebih, juga diformulasikan bebas alkohol sehingga cepat meresap di kulit dan tidak menimbulkan noda putih di pakaian. Selain itu, G&H Protect+TM Antiperspirant Deodorant Roll-On diperkaya dengan ginger dan Plant-Based Bisabolol yang lembut di kulit dan mencegah warna kulit ketiak bertambah gelap.