02 FEB 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 157 DILIHAT

5 Penyebab Gigi Sensitif

Yuk, ketahui apa saja penyebab gigi sensitif biar tahu cara tepat untuk mencegah dan merawatnya.

  1. Erosi Enamel
    Seiring waktu dan akibat merawat gigi yang tak benar, lapisan luar gigi (email) dapat terkikis dan membuat dentin di bawahnya terbuka, sehingga menyebabkan kondisi hipersensitivitas dentin (muncul nyeri/tidak nyaman jika terkena makanan/minuman panas/dingin, asam, lengket, dan manis.

  2. Kerusakan gigi
    Kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang juga menyebabkan gigi menjadi sensitif, karena bakteri penyebab kerusakan gigi dapat menggerogoti email dan mengekspos dentin di bawahnya. Ketika gigi berlubang semakin dalam, gigi berlubang dapat menyebabkan sakit gigi dan infeksi yang lebih parah.

  3. Resesi gusi
    Resesi gusi terjadi ketika jaringan gusi di sekitar gigi mulai tertarik ke belakang, sehingga gigi tidak dilindungi oleh enamel atau sementum (lapisan pelindung yang menutupi akar). Akibatnya, makanan dan minuman yang panas, dingin, manis, atau asam bisa memicu nyeri saraf.

  4. Gigi retak
    Gigi retak dan mahkota gigi dapat menyebabkan gigi sensitif karena dapat mengekspos lapisan dalam gigi . Jika retakannya cukup dalam, suhu panas atau dingin dapat mencapai saraf sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

  5. Kebiasaan menggeretakkan gigi
    Menggeretakkan gigi (bruxism) dapat menyebabkan gigi sensitif. Saat menggemeretakkan gigi, tekanan dan gesekan yang terus-menerus dapat mengikis enamel gigi, sehingga lapisan dentin sensitif di bawahnya terlihat.


Kuncinya, rawat gigi dengan benar

  • Cek ke dokter gigi regular (minimal 6 bulan sekali) bisa membantu mendeteksi kesehatan gigi, lho, terutama mencegah dan mengobati dengan cepat masalah gigimu.
  • Merawat gigi dengan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Jika gigimu sensitif, konsultasilah ke dokter dan gunakan GlisterTM Multi-Action Herbal Toothpaste untuk merawat gigi sehari-hari.

GlisterTM Multi-Action Herbal Toothpaste adalah pasta gigi untuk gigi sensitif dengan kandungan 11 bahan herbal dan biodegradable microbeads.

  • Membantu mengurangi masalah gigi sensitif dalam 10 hari*
  • Menjaga kesegaran napas dan melindungi dari kuman hingga 12 jam*
  • Mengurangi plak secara signifikan dalam 10 hari*
  • Dengan teknologi ReminactTM dan fluoride yang mencegah gigi berlubang dan memperkuat gigi
  • Selain itu tidak mengandung gula, alkohol, dan bahan turunan hewan. Jelas aman!
    *) Berdasarkan uji klinis