24 MAY 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 139 DILIHAT

5 Penyakit yang Disebabkan Air Terkontamintasi

Tahukah kamu, tak hanya kebersihan udara saja yang penting. Kebersihan ar minum pun perlu dijaga karena banyak penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen yang menyebar melalui air yang terkontaminasi.

  1. Diare
    Diare paling umum dari semua penyakit yang ditularkan melalui air, terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejalanya termasuk pusing, dehidrasi, kulit pucat, dan kehilangan kesadaran pada kasus yang parah. Biasanya berlangsung selama beberapa minggu dan bisa berakibat fatal jika tidak diobati.
  2. Kolera
    Disebabkan oleh bakteri bernama Vibrio cholerae yang ditularkan melalui konsumsi makanan atau air minum yang terkontaminasi. Gejalanya meliputi diare, muntah, demam, dan kram perut.
  3. Tipus
    Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang ditularkan melalui air yang terkontaminasi. Penderitanya biasanya mengalami episode demam berkepanjangan, kehilangan nafsu makan, mual, sakit kepala, sembelit, dan kehilangan berat badan.
  4. Amoebiasis
    Penyakit ini disebabkan oleh parasit bernama Entamoeba histolytica. Organisme protozoa ditularkan dengan tanpa sadar memakan kista (bentuk parasit yang tidak aktif) dalam makanan, dan itu mempengaruhi usus. Gejala umum amoebiasis termasuk kram perut dan tinja berair.
  5. Hepatitis A
    Kondisi ini terutama mempengaruhi hati dan disebabkan oleh virus Hepatitis A. Rute kontaminasi biasanya oral dan menyebar melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. Pasien hepatitis A menunjukkan gejala umum seperti demam, mual, dan muntah, tetapi dapat menderita komplikasi parah jika tidak ditangani tepat waktu.


eSpringTM, bantu menjaga kebersihan air minum

Untuk mencegahnya, pastikan air minummu bebas kontaminasi. Gunakan eSpringTM yang merupakan:

  • Penjernih air yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air dengan ukurannya hingga 300 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia.
  • Telah tersertifikasi dan didukung oleh teknologi sinar Ultraviolet untuk memperbaiki rasa, menjernihkan air dan menghilangkan bau.
  • Telah mendapatkan penghargaan dari Frost & Sullivan Award (Water Filtration Company of The Year) selama tujuh tahun berturut sejak tahun 2010 ini merupakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kemurnian air rumahmu!

Sumber

http://www.waterbornediseases.in/types-of-waterborne-diseases-precaution

https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/drinking-water

https://www.news-medical.net/health/Water-Borne-Diseases.aspx