14 FEB 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 314 DILIHAT

Tips Mengenalkan Anak dengan Pekerjaan Rumah

Mengajarkan anak dengan pekerjaan rumah tangga adalah salah satu cara membuatnya mandiri. Ajarkan dengan cara yang menyenangkan!

Pentingnya melibatkan anak dalam pekerjaan rumah

Melakukan tugas penting untuk perkembangan anak-anak dapat membantu mereka mempelajari keterampilan penting:

  • Membantu mengajarkan keterampilan hidup, tanggung jawab, dan kemandirian, yang penting untuk bekal ketika tiba waktunya hidup mandiri.
  • Belajar memasak, cara mengatur anggaran, dan cara mencuci pakaian adalah keterampilan yang sangat aplikatif yang akan berguna sepanjang hidup mereka.
  • Kesempatan untuk menjalin ikatan dengan anak-anak saat menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Tips melibatkan anak dengan pekerjaan rumah

  1. Mulai dengan tugas sederhana
    Mulailah dari yang kecil dengan menyuruh mereka membawa piring mereka ke wastafel. Bagi anak yang lebih tua bisa perlahan-lahan perkenalkan mereka untuk mencuci beberapa piring atau mungkin hanya cangkir mereka.
  2. Jangan jadikan tugas sebagai hukuman
    Perlakukan tugas ini sebagai kebiasaan rutin, bukan sebagai hukuman sehingga anak-anak melihatnya bukan sebagai sesuatu yang menakutkan, melainkan hal biasa yang rutin dikerjakan.
  3. Ajak anak untuk bersih-bersih bersama
    Anak-anak biasanya suka melakukan apa yang ibu atau ayah lakukan. Pastikan menjadikan tugas sebagai pengalaman keluarga! Jika memiliki anak kecil, mulailah dengan pekerjaan sederhana seperti memasukkan baju ke mesin cuci.
  4. Kenalkan dengan produk yang aman
    Kenalkan anak dengan produk pembersih ramah lingkungan dan bebas bahan kimia seperti SA8™ Liquid Concentrated Laundry Detergent.
  • SA8™ Liquid Concentrated Laundry Detergent merupakan deterjen konsentrat cair dengan pH netral yang efektif membersihkan kotoran, bahkan noda membandel sekalipun, mudah larut, menjaga warna pakaian tetap cerah, dan tidak meninggalkan residu sehingga pakaian pun lebih awet.
  • SA8™ Liquid Concentrated Laundry Detergent memiliki formula biodegradable yang membuatnya lebih aman untuk pakaian dan lingkungan.
  • Bisa digunakan untuk 100 kali pencucian.