31 AUG 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 472 DILIHAT 18 BAGIKAN

Tips Hindari Penyakit Menular

Penyakit menular biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, dan jamur tertentu. gimana, sih, penyakit bisa menular? Cara penularannya bisa lewat kontak langsung dan tak langsung. Simak, yuk, info berikut ini.

  1. Kontak langsung
    - Kontak orang-ke-orang
    Penularan terjadi ketika orang yang terinfeksi menyentuh atau menularkan cairan tubuh dengan orang lain, terjadi sebelum orang yang terinfeksi menyadari penyakitnya, seperti misalnya OTG, Orang Tanpa Gejala yang bisa menularkan virus Covid-19.

    - Droplet atau percikan ketika batuk/bersin
    Percikan tetesan air saat batuk dan bersin bisa menyebarkan penyakit menular. Kamu bahkan dapat menginfeksi orang lain yang berada dekat kamu melalui droplet saat berbicara.

  2. Kontak tidak langsung
  • Benda yang terkontaminasi
    Jika menyentuh suatu benda, seperti gagang pintu yang sebelumnya dipegang oleh orang yang terinfeksi, kamu mungkin terkena infeksi. Penularan terjadi saat menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan secara menyeluruh.
  • Makanan dan air minum
    Penyakit infeksi dapat ditularkan melalui makanan dan air yang terkontaminasi. E. coli sering ditularkan melalui produk yang tidak ditangani dengan benar atau daging yang kurang matang.
  • Kontak hewan-ke-orang
    Bisa terjadi saat hewan yang terinfeksi menggigit atau mencakar atau saat menangani kotoran hewan.
  • Hewan reservoir
    Penularan penyakit dari hewan ke hewan terkadang dapat menular ke manusia. Zoonosis terjadi ketika penyakit ditularkan dari hewan ke manusia, seperti Covid-19.
  • Penularan melalui udara
    Beberapa agen penular dapat melakukan perjalanan jauh dan tetap melayang di udara untuk waktu yang lama. Kamu dapat tertular penyakit seperti campak dengan memasuki ruangan setelah seseorang yang menderita campak pergi.

Penyakit menular dapat menyebar melalui kontak langsung atau tidak langsung, jadi semua orang berisiko sakit. Perkuat daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan suplemen untuk nutrisi tambahan seperti Nutrilite Double X atau Nutrilite Daily, Nutrilite I-Defense, Nutrilite Bio C Plus Extended Release, serta biasakan mencuci tangan menggunakan sabun selama setidaknya 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, gunakan pembersih tangan Pursue Antiseptic Hand Gel. Mencuci tangan adalah standar emasnya!