26 JAN 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 160 DILIHAT

Sepenting Ini Manfaat Zat Besi Pada Anak!

Jangan abaikan peran zat besi untuk mendukung tumbuh-kembang anak.
Yuk, penuhi asupan zat besi hariannya sebelum terlambat!

Manfaat utama zat besi pada anak

  1. Mendukung otak yang sehat
    Zat besi diperlukan untuk berbagai proses seluler di otak yang sedang berkembang terutama dalam hal memori dan pembelajaran. Zat besi juga penting dalam enzim yang terlibat dalam produksi monoamina (dopamin, adrenalin, noradrenalin, dan serotonin), yang memengaruhi perkembangan sosio-emosional dan proses memori.

  2. Untuk pembuatan hemoglobin
    Zat besi dibutuhkan untuk membuat hemoglobin (sel darah merah) yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia, yaitu pertumbuhan anak melambat dan merasa lemah.

  3. Mendukung keterampilan kognitif, motorik dan lainnya
    Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang menderita anemia defisiensi besi antara usia 6 bulan hingga 24 bulan memiliki keterampilan perkembangan kognitif dan motorik yang kurang berkembang.


Cara mendapatkan zat besi

Kebutuhan zat besi pada anak menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada anak usia 1–3 tahun adalah 7 mg per hari dan anak usia 4–6 tahun 10 mg per hari.

Untuk memenuhinya, berikan makanan kaya besi pada menu harian anak, jika perlu tambahkan suplemen zat besi berbahan alami seperti NutriliteTM Chewable Iron. Setiap tablet kunyah rasa vanila yang enak pada NutriliteTM Chewable Iron mengandung 3.67 mg zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian anak.


Sumber:

1https://worldnutrijournal.org/OJS/index.php/WNJ/article/view/265

2https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...

3https://www.ruh.nhs.uk/patients/services/clinical_depts/paediatrics/documents/patient_info/PAE032_Iron_in_childrens_diets.pdf

4https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...