11 OCT 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 137 DILIHAT

Mengapa Anak Suka Makanan Manis?

Tak ada yang menolak makanan manis, apalagi anak-anak. Namun dibalik kemanisannya, tersembunyi risiko kesehatan seperti gigi rusak dan obesitas, lho…

Alasan anak suka makanan manis

  1. Gula dan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya meningkatkan kadar dopamin (memberi sensasi menyenangkan) di otak. Saat kadar dopamin rendah, maka mereka semakin menginginkan makanan manis ini.

  2. Saat makan gula, tubuh melepaskan “ledakan” energi. Dan itu adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk aktif berlarian dan bermain. Jadi, tidak mengherankan jika mereka menginginkan sesuatu yang akan memberi mereka dorongan energi ekstra.

  3. Anak-anak dapat merasakan rasa manis lebih baik daripada orang dewasa. Kuncup pengecap terdiri dari reseptor rasa yang mengirim sinyal ke otak, dan ternyata anak-anak memiliki lebih banyak reseptor rasa ini daripada orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan beberapa reseptor rasa dan berkurang menyukai rasa manis.

  4. Faktor gen atau keturunan bisa menjadi penyebabnya juga, lho. Jadi, jika orang tua menyukai permen, kemungkinan besar anaknya pun akan menyukainya!

  5. Anak semakin tertarik jika dilarang. Ketika kita menyembunyikan permen, maka mereka merasa tertantang untuk menemukannya.

  6. Perusahaan tahu bahwa anak-anak adalah target pasar utama permen dan mereka menghabiskan banyak uang untuk memastikan bahwa anak-anak menyukai produk mereka. Mereka menggunakan warna-warna cerah dan karakter yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak.

Boleh makan permen, asalkan…

Memberikan makanan manis sebenarnya boleh saja asalkan tidak berlebihan. Misalnya saja menetapkan aturan kalau boleh mengonsumsi makanan manis setelah makan malam dan berikan dalam jumlah kecil. Jangan lupa, sikat gigi menggunakan pasta gigi Glister™ Kids Toothpaste setelah makan makanan manis untuk membersihkan sisa-sisa gula yang tertinggal di gigi.

Glister™ Kids Toothpaste adalah pasta gigi yang mengandung fluoride khusus dengan teknologi REMINACT™ yang membantu mencegah gigi berlubang dan melindungi enamel. Hadir dengan rasa strawberry yang disukai anak dan bebas gula.