02 JAN 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 481 DILIHAT

6 Minuman Pengganti Kopi

Kopi memang bikin melek, namun kebanyakan kafein malah mengganggu kesehatan. Cobain 6 minuman pengganti kopi ini yang juga bikin kamu terjaga.

  1. Cokelat panas
    Minuman cokelat yang diseduh adalah minuman rendah kafein yang kaya akan theobromine, senyawa alami pada cokelat yang memberikan efek stimulan pada otak manusia. Zat ini mirip dengan kafein, yang berefek positif terhadap fungsi otak, yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan fungsi kesadaran.
  2. Teh hitam
    Teh hitam dapat memberi pecinta kopi perbaikan kafein ditambah manfaat kesehatan lainnya. Menurut FDA*, secangkir teh hitam memiliki sekitar setengah kafein dari kopi biasa.
  3. Teh hijau
    Teh hijau adalah alternatif sehat lain untuk kopi di pagi hari. Secangkir teh hijau memiliki kira-kira setengah jumlah kafein dalam secangkir kopi, menurut FDA. Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme.
  4. Susu kacang dan biji-bijian
    Minuman yang terbuat dari almond serta biji labu dan rempah-rempah, termasuk kapulaga dan jahe segar, mengandung magnesium, zat besi, kalsium, protein dan serat.
  5. BodyKey rasa Café Latte
    Minuman yang kini hadir dengan kandungan nutrisi baik untuk mendukung gaya hidup sehat ini hadir dengan rasa Café Latte yang pasti disukai pencinta kopi. Selain rasanya enak juga memberi energi karena mengandung 12 vitamin, 8 mineral & 6 gr serat; 17-18 gr protein setara dengan 2,5 butir telur ayam**; 205-220 kkal berenergi & mengenyangkan; tidak mengandung zat pengawet, pemanis, dan pewarna buatan; non-GMO dan gluten-free; halal dan aman dikonsumsi; dan 0 gr lemak trans.
  6. Smoothie
    Buat ramuan sehat sendiri smoothie-mu dengan semua buah dan sayuran favorit, tambahkan protein, seperti yogurt, untuk membantu kamu merasa kenyang. Smoothie adalah awal yang baik untuk memulai hari dengan karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein.

*newsweek.com/drinks-replace-coffee-healthy-alternatives-caffeine-1583108

**Protein telur berdasarkan PedomanGizi Seimbang Kemenkes, 2014.