23 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 422 DILIHAT

6 Cara Mengurangi Gula

Makan terlalu banyak gula berdampak buruk pada kesehatan. Sayangnya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari banyak mengandung gula. Coba cara ini, yuk, untuk mengurangi asupan gula.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan kurang dari 5% kalori dari tambahan gula untuk kesehatan optimal. Jadikan beberapa tips ini sebagai kebiasaan sehat untuk mulai mengurangi asupan gula harian:

  1. Kurangi minuman manis
    Minuman manis seperti soda, teh manis, jus kemasan, biasanya mengandung gula tambahan yang tak sedikit. Kalori dari minuman diserap dengan cepat, sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat. Mengurangi asupan minuman manis dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  2. Hindari makanan penutup yang manis-manis
    Kebanyakan makanan penutup minim nutrisi namun kaya gula, yang menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat membuat merasa lelah dan lapar serta menginginkan lebih banyak gula.

  3. Hindari saus dengan tambahan gula
    Saus seperti saus tomat, saus barbekyu, saus spageti, dan saus sambal manis di dapur ternyata memiliki kandungan gula yang tak sedikit. Carilah bumbu dan saus berlabel “tanpa tambahan gula” untuk mengurangi gula tersembunyi dalam produk tersebut.

  4. Makan makanan utuh
    Hindari makanan ultra-olahan seperti minuman ringan, sereal manis, keripik, dan makanan cepat saji yang mengandung garam, gula, lemak, dan zat aditif. Makanan utuh yang belum diproses seperti buah utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan daging tanpa tulang, lebih aman dikonsumsi karena bebas dari bahan tambahan dan zat buatan lainnya.

  5. Masak nasi dengan rice cooker low sugar
    Sekarang ini sudah ada teknologi yang bisa mengurangi kadar gula nasi saat dimasak, sehingga menghasilkan nasi low sugar yang lebih sehat. Aman untuk kamu yang sedang diet namun tetap ingin makan nasi. Berinvestasi pada rice cooker low sugar patut dipertimbangkan.

  6. Ikut program pengelolaan berat badan Nutrilite FastFit
    Jika memang susah banget mengurangi asupan gula, ikutan NutriliteTM FastFit aja. Kamu bisa mengikuti program diet sehat yang menyenangkan dengan program dan coach yang kredibel. Ada beberapa paket starter pack yang bisa kamu pilih. Buat kamu yang pemula yang masih sulit mengontrol asupan kalori, bisa mencoba NutriliteTM FastFit Starter Pack 1. Paket NutriliteTM FastFit Starter Pack 1 ini terdiri dari: 3 BodyKey, 1 Hi-Protein, 1 Hi-Fiber, 1 GreenTrim, 1 Lecithin E, 2 box Phytobites Protein Bar. Ikuti programnya, konsumsi produknya, dalam 21 hari kamu pasti sudah merasakan bedanya!


Sumber:

1https://www.who.int/news/item/...

2https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...