26 DEC 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 134 DILIHAT

5 Tips Agar Pencernaan Anak Sehat

Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pencernaan anak, lho. Yuk, perbaiki pola makan dan gaya hidup anak agar sistem pencernaannya sehat!

  1. Banyak bergerak
    Olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan anak secara keseluruhan, tetapi juga merupakan aspek penting dari kesehatan pencernaan. Ajak anak berolahraga ringan yang menyenangkan untuk mendorong pergerakan makanan melalui saluran pencernaan anak yang akan membantu kesehatan pencernaan.

  2. Hidrasi
    Aktif bermain membuat anak rentan berkeringat dan kehilangan cairan tubuh. Pastikan tubuh anak terhidrasi dengan cukup. Agar segelas air itu lebih menarik bagi anak, tambahkan buah-buahan segar seperti lemon atau buah beri untuk menambah rasa.

  3. Makan lebih banyak, porsi lebih kecil
    Makan lebih sedikit lebih sering meminimalkan kemungkinan anak mengalami ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kembung. Makan makanan berat dengan porsi yang banyak sekaligus bisa membebani sistem pencernaannya.

  4. Hindari makanan olahan
    Makanan olahan seperti makanan kaleng instan atau makanan ringan manis biasanya kurang nutrisi, serat dan enzim, serta sarat dengan lemak trans dan bahan pengawet lainnya yang dapat menyebabkan sembelit bila dikonsumsi secara teratur.

  5. Berikan contoh
    Anak-anak akan mudah belajar dengan memberi contoh. Kita pun juga harus menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar anak menirunya. Kebiasaan baik ini juga akan mempererat hubungan dengan anak.

  6. Lebih banyak serat
    Makanan kaya serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran dapat memberikan “keajaiban” bagi saluran pencernaan seseorang. Kenalkan aneka sayuran dan buah-buahan sejak usia 6 bulan dan sajikan sesuai dengan usianya.
    Setelah usia 4 tahun ke atas, perbanyak sayur dan buah-buahan, kalau perlu berikan NutriliteTM Chewable Concentrated Fruits & Vegetables untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. NutriliteTM Chewable Concentrated Fruits & Vegetables terdiri dari quercetin, konsentrat lutein, ekstrak pomegranate, konsentrat lycopene, ekstrak jeruk, vitamin C, konsentrat beberapa buah dan sayur, blueberry, dan konsentrat lemon yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh si kecil.