10 SEP 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 198 DILIHAT

5 Sebab Kenapa Pori-pori Besar

Siapa yang biasanya memiliki kulit berpori-pori besar?

Jenis kulit berminyak biasanya secara alami memiliki pori-pori yang besar. Ketika ada kelebihan produksi minyak, sel-sel kulit mati dan kotoran terperangkap di kulit, yang menyebabkan pori-pori membesar. Sayangnya, pori-pori yang membesar cukup umum dan dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Bahkan mungkin memicu jerawat hingga bikin kamu terlihat lebih tua!

Apa penyebabnya?

  1. Faktor genetik
    Genetika memainkan peran penting dalam menentukan ukuran pori-pori. Jadi, jika orang tuamu memiliki pori-pori yang membesar, ada kemungkinan besar kamu juga memilikinya.

  2. Peningkatan produksi sebum
    Produksi sebum yang berlebihan juga berperan bikin pori-pori membesar. Setiap pori mengandung kelenjar sebaceous (minyak) yang mengeluarkan sebum. Dan ketika kelenjar sebaceous menghasilkan minyak berlebih, maka akan menyebabkan kulit berminyak.

  3. Hilangnya elastisitas kulit seiring bertambahnya usia
    Seiring bertambahnya usia, kulit pun mulai kehilangan elastisitasnya, yang dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar dari biasanya. Pori-pori yang membesar adalah bagian alami dari proses penuaan, karena produksi kolagen di kulit mulai berkurang, membuat kulit kurang kencang.

  4. Kerusakan akibat sinar matahari
    Iklim lembap dan peningkatan paparan sinar matahari dapat mengurangi kolagen di kulit, sehingga menyebabkan kerutan dan pori-pori besar. Produksi kolagen itu penting, karena menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Lebih lanjut, kerusakan akibat sinar matahari dapat memicu kendur di sekitar tepi, sehingga mengurangi kadar air di kulit.


  5. Folikel rambut besar
    Setiap rambut memiliki folikel, dan setiap folikel rambut diposisikan di bawah pori-pori. Pori-pori pada dasarnya adalah pembukaan folikel rambut. Ketika folikel rambut besar, pori-pori juga akan besar!


Tips meminimalkan pori-pori kulit wajah

Selain membiasakan diri mencuci wajah secara teratur, eksfoliasi 2 kali seminggu, menggunakan pelembap dan tabir surya, jangan lupa rawat kulit menggunakan Artistry™ Intensive Skincare Advanced Skin Refinisher.

Artistry™ Intensive Skincare Advanced Skin Refinisher dengan Smart Pore Eraser” intensif yang mampu menghaluskan kulit sebanding dengan perawatan laser fraksional profesional. Dari menyapu permukaan kulit kusam hingga membuat pori-pori yang tampak mengencang. Kulit tampak secara dramatis lebih lembut, lebih halus, dan lebih bertekstur rata dari penggunaan pertama.