21 APR 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 301 DILIHAT

5 Minuman Kaya Elektrolit

Bukan teh manis yang dianjurkan untuk membatalkan puasa, melainkan minuman kaya elektrolit yang sifatnya cepat menghidrasi tubuh.

Apa itu minuman elektrolit?

  • Elektrolit adalah mineral yang membantu mengatur berbagai fungsi tubuh yang penting, termasuk sinyal saraf, keseimbangan pH, kontraksi otot, dan hidrasi*.
  • Elektrolit primer yang digunakan untuk menjalankan fungsi vital adalah natrium, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, klorida, dan bikarbonat.
  • Jika kadar elektrolit terlalu tinggi atau terlalu rendah, komplikasi kesehatan yang serius dapat muncul.
  • Elektrolit dan cairan harian hilang secara alami melalui keringat dan produk limbah lainnya. Karena itu, penting untuk mengisinya kembali secara teratur dengan makanan /minuman kaya mineral.

Minuman kaya elektrolit

  1. Air kelapa
    Air kelapa, atau sari kelapa, adalah cairan bening yang ditemukan di dalam kelapa. Air kelapa secara alami rendah kalori dan gula namun kaya akan elektrolit seperti potasium dan magnesium.
  2. Semangka
    Semangka dan jus buah lainnya mengandung beberapa elektrolit tetapi biasanya rendah sodium dan tinggi gula.
  3. Smoothie
    Smoothie adalah cara terbaik untuk mencampur berbagai makanan kaya elektrolit menjadi satu ramuan yang bisa diminum. Beberapa sumber elektrolit terbaik berasal dari campuran makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu.
  4. Infused water
    Buatlah minuman elektrolit sendiri dengan membuat infused water, yaitu menambahkan buah dan rempah yang baru dipotong ke dalam air minum.
  5. Air yang dijernihkan dengan eSpringTM
    Penjernih air eSpringTM mampu meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. Secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.

* https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK541123/