18 JAN 2022 HIDUP SEHAT 1 MENIT DIBACA 1265 DILIHAT 26 BAGIKAN

5 Manfaat Lesitin

Lecithin atau lesitin, si lemak sehat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol
    Penelitian1 menunjukkan bahwa diet kaya lesitin dapat meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan kolesterol LDL jahat.
  2. Meningkatkan imunitas
    Melengkapi diet makanan dengan lesitin dari kedelai dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada penderita diabetes2.
  3. Menjaga sistem pencernaan
    Lesitin dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan karena bisa meningkatkan kemampuan lendir di usus untuk membuat proses pencernaan lebih lancar dan melindungi lapisan sistem pencernaan.
  4. Membantu ibu menyusui
    Lesitin bisa menjadi “obat alami” yang bisa mencegah penyumbatan ASI3. Bahkan, Canadian Breastfeeding Foundation menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi lesitin sebanyak 1,200 miligram sebanyak empat kali, dalam sehari.
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
    Lesitin yang berasal dari kedelai dapat meningkatkan kesehatan jantung4, terutama bagi yang sudah berisiko terkena tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Di mana mendapatkan lesitin?

Sumber lesitin di antaranya daging merah, makanan laut, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah, dan kacang hitam. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lesitin dengan mengonsumsi NutriliteTM Lecithin E yang mengandung vitamin E dan lesitin yang diekstrak dari minyak kedelai. NutriliteTM Lecithin E dapat membantu memelihara kesehatanmu.

Sumber:

1hindawi.com/journals/cholesterol/2010/824813/

2medicalnewstoday.com/articles/323627

3medicalnewstoday.com/articles/319260#health-benefits

4sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1471015313001116?via%3Dihub