26 FEB 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 998 DILIHAT

Tangan “Pintu” Masuknya Penyakit

WHO telah menyarankan untuk selalu mencuci tangan sebagai bagian penting untuk mencegah penularan Covid-19. Tangan ternyata bisa menjadi “pintu” masuknya beragam penyakit, termasuk virus. Berikut beberapa fakta tentang kebersihan tangan yang dikumpulkan National Health Service berikut menunjukkan betapa mudahnya tangan dapat menyebarkan virus, bakteri, dan sumber penyakit lainnya:

  1. Secara global, hanya satu dari lima orang yang mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.
  2. Tangan pekerja kantor rata-rata bersentuhan dengan 10 juta bakteri per hari
  3. Sekitar 50% dari infeksi yang didapat di rumah sakit dapat dengan mudah dihindari melalui kebersihan tangan yang lebih baik, salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun.
  4. Tangan yang terkontaminasi dapat mentransfer virus ke lebih dari 5 permukaan atau 14 objek lain.
  5. Tangan yang basah menyebarkan bakteri 1.000 kali lebih banyak daripada tangan yang kering.
  6. Bakteri bisa tetap hidup di tangan hingga 3 jam.

Sabun atau hand sanitizer?

Ada dua cara untuk menjaga kebersihan tangan, yaitu menggunakan sabun dan hand sanitizer. Kapan saja sebaiknya menggunakannya?.

1. Sabun

  • Jadikan agenda utama untuk menjaga kebersihan tangan ketika tersedia air di dekat kita.
  • Biasakan mencuci tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, membuang sampah, sebelum makan, dan aktivitas lainnya yang berpotensi tangan menjadi terkontaminasi.
  • Gunakan G&H Protect+ Hand Soap, yang tak hanya membunuh kuman, Sabun untuk tangan ini menggunakan Malodor Technology, dapat menetralkan bau dan membuat kulit lembut sekaligus segar. Jadi tangan tak hanya bebas kuman namun juga tetap lembut dan segar.

2. Hand santizer

  • Penyanitasi tangan ketika tidak tersedia air di sekitar, bisa berupa cairan atau gel yang mengandung bahan aktif alkohol 60% untuk membunuh kuman, virus, atau bakteri yang menempel di tangan.
  • Bawa selalu Pursue™ Antiseptic Hand Gel, antiseptic gel untuk tangan yang praktis dan efektif membunuh kuman dan bakteri dengan kandungan Ethanol-nya. Diperkaya dengan kandungan Aloe Vera-nya, yang dapat membantu menjaga tangan tetap lembut.