16 JAN 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 168 DILIHAT

Memahami Virus dan Tips Melawannya

Sebelum mengetahui tips untuk melawan virus di sekitar kita, ada baiknya mengenal apa itu si virus yang bikin resah lagi belakangan ini.

Virus ternyata hanyalah salah satu dari mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Virus masuk kategori patogen bersama bakteri, bakteri, jamur, dan parasit.

Apa itu patogen?

Patogen adalah organisme yang menyebabkan penyakit.

Gambaran mudahnya:

  • Saat daya tahan tubuh lemah, patogen mudah sekali masuk ke tubuh.
  • Semua patogen yang dibutuhkan untuk berkembang dan bertahan hidup adalah inang (tubuh kita).
  • Setelah patogen masuk ke dalam tubuh inang, ia berhasil menghindari respons imun tubuh dan menggunakan sumber daya tubuh untuk bereplikasi sebelum keluar dan menyebar ke inang baru.

Bagaimana penularan patogen?

Patogen dapat ditularkan dengan beberapa cara seperti menyebar melalui kontak kulit, cairan tubuh, partikel di udara, kontak dengan kotoran, dan menyentuh permukaan yang disentuh oleh orang yang terinfeksi.

Jenis patogen

Terdapat 4 jenis utama patogen, yaitu: virus, bakteri, jamur, dan parasit.

  1. Virus
    Setelah terinfeksi, virus menyerang sel inang di dalam tubuh. Mereka kemudian menggunakan komponen sel inang untuk mereplikasi, menghasilkan lebih banyak virus. Contoh nyatanya adalah virus Covid-19.

  2. Bakteri
    Tubuh bisa lebih rentan terhadap infeksi bakteri ketika sistem kekebalan terganggu oleh virus. Keadaan penyakit yang disebabkan oleh virus memungkinkan bakteri yang biasanya tidak berbahaya menjadi patogen.

  3. Jamur
    Ada jutaan spesies jamur berbeda di bumi. Jamur dapat ditemukan di mana saja di lingkungan, termasuk di dalam ruangan, di luar ruangan, dan pada kulit manusia. Mereka menyebabkan infeksi saat mereka tumbuh berlebih.

  4. Parasit
    Parasit adalah organisme yang berperilaku seperti hewan kecil, hidup di dalam atau pada inang dan makan dari atau atas biaya inang. Meskipun infeksi parasit lebih sering terjadi di daerah tropis dan subtropis, infeksi dapat terjadi di mana saja.

Tips Menangkis Virus

Berikut ini adalah cara-cara untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari patogen.

  • Cuci tangan sesering mungkin. Gunakan sabun atau pembersih tangan Pursue Antiseptic Hand Gel yang 99,99% efektif melawan bakteri Staphylcoccus aureus, Escherichia coll, Candida albicans, Salmonella typhimurium, Shigella sonnei, Pseudomonas aeruginosa dalam 30 detik.
  • Perkuat daya tahan tubuh dengan produk Nutrilite biar tidak gampang nge-drop.
  • Siapkan, masak, dan simpan daging serta makanan lainnya dengan benar.
  • Tinggallah di rumah saat sakit, terutama jika demam atau diare, atau muntah.
  • Jangan berbagi barang pribadi, seperti pisau cukur atau sikat gigi.
  • Jangan berbagi gelas atau peralatan minum.
  • Terapkan protokol kesehatan saat bepergian seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.