21 DEC 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 508 DILIHAT

Kenali Ragam Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang menjengkelkan. Sudah ditutup dengan makeup, namun masih saja mengganggu. Yuk, kenali dulu jenis-jenis bekas jerawat dan perawatan apa yang cocok untuk jerawatmu.

  1. Bekas luka atrofi
    Bekas luka atrofi adalah lekukan datar dan dangkal yang sembuh di bawah lapisan atas kulit, biasanya disebabkan oleh jerawat batu yang parah. Ada empat jenis bekas luka atrofi:
    • Boxcar scars
      Biasanya berupa cekungan seperti kotak dengan tepi yang tajam yang disebabkan oleh jerawat yang meluas, cacar air, atau varicella, virus yang menyebabkan ruam merah dan gatal disertai lepuh.
    • Boxed acne scars
      Biasanya disebabkan oleh kerusakan kolagen akibat jerawat yang meradang, bisa timbul karena jerawat yang dulunya meradang atau habis terkena cacar air.
    • Ice pick scars
      Bentuknya mirip es batu yang ditusuk oleh pisau pemecah es, biasanya berupa lekukan yang lebih sempit yang mengarah ke bawah ke permukaan kulit.
    • Rolling scar
      Biasanya memiliki kedalaman yang bervariasi, dengan tepian yang miring yang membuat kulit tampak bergelombang dan tidak rata.

  2. Bekas luka hipertrofik dan keloid
    Berupa gumpalan jaringan parut yang menumpuk, terkadang dari bekas jerawat sebelumnya. Bekas luka keloid membuat bekas luka lebih besar dari jerawat yang menyebabkannya dan tumbuh di luar sisi tempat aslinya.

  3. Hiperpigmentasi pasca inflamasi
    Hiperpigmentasi dapat terjadi saat kulit rusak akibat jerawat parah, atau jika memencet jerawat.
    Tetapi, dalam semua kasus, kulit akan kembali ke warna aslinya seiring waktu dengan perawatan yang tepat. Untuk itu rawat jerawatmu menggunakan rangkaian produk Snapskin, terutama Snapskin Acne Gel dan hindari memencet jerawat agar tidak menimbulkan bekas nantinya.


Snapskin Acne Gel
diformulasikan dengan kombinasi kandungan yang efektif merawat kulit berjerawat, yaitu 5x Acne Care Combo: 2% salicylic acid, centella asiatica extract, green tea, calendula dan witch hazel. Merawat kulit berjerawat sejak pertama pemakaian, sekaligus mempertahankan kelembapan kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi.