22 JUL 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 138 DILIHAT

Kenali Demam pada Anak

Demam sebenarnya adalah reaksi antibodi terhadap masuknya virus atau bakteri ke tubuh. Suhu tubuh normal adalah 37°Celcius. Jika suhu 38°Celcius ke atas, maka bisa dikategorikan demam. Biar tidak panik, kenali kapan harus tenang dan dirawat di rumah saja, serta kapan harus segera ke dokter.

Kapan harus tetap tenang

  1. Demam kurang dari lima hari dan perilaku anak relatif normal, seperti mau makan, minum, bermain, meski terlihat mudah lelah.
  2. Suhu hingga 39°Celcius. Temperatur ini bisa biasa, tetapi tidak selalu mengkhawatirkan.
  3. Demam ringan jika bayi atau anak Anda baru saja diimunisasi. Dianggap normal jika berlangsung kurang dari 48 jam.

Kapan harus menghubungi dokter

  1. Bayi yang berusia kurang dari 3 bulan mengalami demam. Demam mungkin satu-satunya respons bayi terhadap penyakit serius. Pada bayi baru lahir, suhu rendah juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Panggil dokter anak jika suhu bayi turun di bawah 97,7 °F (36,5 °C).
  2. Demam anak berlangsung lebih dari lima hari. Dokter anak mungkin perlu menyelidiki lebih lanjut untuk penyebab yang mendasarinya salah satunya dengan cek darah.
  3. Demam anak lebih tinggi dari 104 F (> 40°C).
  4. Demam anak tidak turun dengan pengurang demam.
  5. Anak lemah, sulit untuk bangkit, atau tidak minum cukup cairan. Bayi yang tidak mengompol setidaknya empat popok per hari dan anak yang lebih besar yang tidak buang air kecil setiap delapan hingga 12 jam dapat mengalami dehidrasi yang berbahaya.
  6. Anak baru-baru ini diimunisasi dan memiliki suhu di atas 102 F atau demam selama lebih dari 48 jam.
  7. Jika Anda tidak nyaman dengan suhu atau penyakit anak Anda, hubungi dokter anak untuk mendiskusikannya.

Kenapa demam?

Demam adalah reaksi imun tubuh untuk menghadapi melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Sebaiknya sebelum perkuat daya tahan tubuh anak agar tidak mudah dikalahkan oleh virus dkk.

Caranya selalu sajikan menu makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang sesuai dengan usianya, dan tambahkan:

  • Nutrilite Acerola C, yang mengandung 100 mg vitamin C diperkaya dengan ceri acerola dan ekstrak lemon, untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh anak.
  • Nutrilite Chew Cal Mag, mengandung 270 mg kalsium dan 50 mg magnesium untuk menunjang kesehatan tulang, gigi, otot dan saraf.
  • Nutrilite Chewable Iron, yang menyediakan 3,67 mg zat besi per tabletnya untuk pembentukan sel saraf dan membantu kecerdasan.
  • Nutrilite Chewable Concentrated Fruits & Vegetables, memberi manfaat buah dan sayur dalam bentuk tablet kunyah yang enak.