26 FEB 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 138 DILIHAT

Ini 5 Manfaat Pemanasan

Biasanya sebelum olahraga dianjurkan untuk pemanasan. Ternyata manfaatnya tidak sekedar “memanaskan” tubuh, namun penting untuk keberhasilan latihan secara keseluruhan, lho.

  1. Membantu meningkatkan suhu tubuh dan otot
    Pemanasan yang baik akan meningkatkan suhu tubuh yang sangat bermanfaat bagi otot. Saat suhu otot meningkat, oksigen pun meningkat, memungkinkan otot berkontraksi dan rileks dengan lebih mudah, sehingga siap melakukan gerakan olahraga.

  2. Mengurangi risiko cedera
    Pemanasan akan meningkatkan elastisitas otot dan memungkinkan pendinginan yang efisien, yang berarti lebih kecil kemungkinan terjadinya cedera atau kepanasan secara tidak sengaja selama berolahraga.

  3. Menyiapkan mental
    Langsung berolahraga tanpa persiapan yang memadai dapat membuat kamu cepat menyerah. Gunakan waktu pemanasan untuk memikirkan apa yang akan kamu lakukan, yang menjamin tubuh dan pikiranmu siap untuk mencapai tujuan olahraga.

  4. Meningkatkan fleksibilitas
    Melanjutkan pemanasan dengan peregangan akan meningkatkan aliran darah ke otot dan memungkinkan tubuh meningkatkan fleksibilitasnya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  5. Menyiapkan tubuh untuk menggunakan alat di gym
    Alat dan mesin di gym tidak boleh digunakan sebelum kamu sempat mengendurkan persendian melalui pemanasan dan peregangan. Pastikan melakukan keduanya agar tubuh dan pikiran berada dalam kondisi yang tepat untuk menangani peralatan olahraga sehingga mengurangi risiko cedera.


Tips sebelum pemanasan

Hindari berolahraga dengan perut kosong. Berolahraga dengan perut kosong akan menyebabkan kehilangan massa otot di saat yang bersamaan, juga perubahan drastis pada gula darah. Jika gula darah turun dengan cepat maka akan merasa mual, pusing, atau pusing.

Kalau mau olahraga pagi tidak sempat sarapan, siapkan saja sarapan yang cepat disajikan seperti jus atau smoothie lalu tambahkan 2 scoop NutriliteTM Hi-Protein Green Tea. Minuman tinggi protein NutriliteTM Hi-Protein Green Tea terbuat dari kombinasi kacang kedelai, polong, dan biji gandum yang mengandung asam amino esensial. NutriliteTM Hi-Protein Green Tea juga bagus untuk membantumu membentuk otot, lho!