04 AUG 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 146 DILIHAT

Gigi Sehat = Tubuh Sehat

Masih malas ke dokter gigi? Tahukah kamu, terkadang penyakit yang belum terdiagnosa menunjukkan gejalanya melalui kesehatan gigi, lho.

Pentingnya menjaga kesehatan gigi

Yuk, mulai sekarang lebih perhatian pada kesehatan gigimu, karena gejala penyakit awal justru diperlihatkan oleh kesehatan gigimu, lho. Menurut American Dental Association (ADA)*, indikator awal diabetes, penyakit jantung, atau kondisi serius lainnya terkadang muncul di mulut sebelum gejala lain muncul.

Waspadai gigi berlubang

Gigi berlubang dan gusi berdarah adalah petunjuk adanya masalah pada kesehatan. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa gigi berlubang sebenarnya adalah penyakit menular. Jika tidak diobati, infeksi yang disebabkan oleh kerusakan gigi ini dapat menyebar di mulut, menyebabkan penyakit gusi.

Bahaya penyakit gusi

Menurut penelitian yang diadakan American Dental Association* menunjukkan bahwa orang yang memiliki penyakit gusi juga berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung, masalah pernapasan, dan bahkan demensia.

Fokus pada pencegahan

Mengutip hubungan potensial antara penyakit gusi dan masalah kesehatan lainnya, ADA merekomendasikan untuk lebih fokus pada perawatan gigi preventif sebagai langkah untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melakukan rutinitas sehari-hari yang sederhana seperti:

  • Sikat gigi dua kali sehari, terutama sebelum tidur
    Pilih pasta gigi bagus yang dirancang untuk membantu menghilangkan plak, seperti Glisterâ„¢ Multi-Action Fluoride Toothpaste, pasta gigi yang mengandung fluoride teknologi REMINACTTM yang membantu proses remineralisasi (mengembalikan ion mineral yang hilang dari enamel gigi), membantu menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, dan mengembalikan warna alami gigi.

  • Makan banyak buah dan sayuran
    Diet harian yang mencakup buah-buahan dan sayuran berwarna-warni adalah cara yang baik untuk membantu gusi melawan peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

  • Kunjungi dokter gigi secara rutin, paling tidak 2 kali setahun
    Selain untuk menjaga kesehatan mulut, juga memungkinkan dokter gigi untuk mencari tanda-tanda potensi masalah. Anggap saja itu investasi untuk kesehatanmu.

*https://jada.ada.org/article/S...