14 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 123 DILIHAT

Dehidrasi Tubuh Saat Puasa? Cegah dengan ini.

Tahukah Anda, selama puasa tubuh kehilangan sekitar 1 liter air per hari. Ketika kekurangan makanan, tubuh akan membakar simpanan energinya sendiri. Makanya biar terhindar dari efek dehidrasi seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, dan kulit kering, selama puasa tubuh harus terhidrasi dengan baik. 

Begini caranya:

1.  Berbuka dengan air

    Ketimbang gorengan atau minuman manis, pilihlah air minum untuk berbuka yang membantu menghidrasi tubuh dengan cepat. Jika bosan dengan rasa air putih, cobalah NutriliteTM Pytho Powder, minuman bernutrisi yang cepat menghidrasi dan memperkuat daya tahan tubuh.

    2.  Hindari minuman diuretik

      Kafein dalam kopi, teh, dan soda menyebabkan peningkatan buang air kecil, jadi sebaiknya batasi minuman ini saat buka dan sahur.

      3.  Makan sayur dan buah yang kaya air

        Lanjutkan berbuka dengan sayur dan buah-buahan segar yang kaya air seperti semangka, labu, mentimun, paprika, tomat, stroberi, apel, dan bayam. Anda bisa membuatnya menjadi salad sayuran atau smoothie dari semangka/stroberi.

        4.  Hindari hidangan panas dan pedas

          Makanan dan minuman yang panas dan pedas berpotensi meningkatkan rasa haus. Jadi hindari saat sahur. Jangan menambahkan terlalu banyak garam ke salad dan hidangan lainnya. Hindari juga makan makanan asin seperti ikan asin dan acar karena dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

          5.  Mandi air dingin

            Mandi air dingin membantu menghidrasi tubuh kembali. Luangkan 5-10 menit bagian pangkal kepala diguyur air dingin langsung.

            6.  Berolahraga

              Memang berolahraga memicu rasa haus, namun olahraga ternyata membantu tubuh membuang racun dan elemen berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan dehidrasi di kemudian hari. Cobalah untuk menyeimbangkan jumlah air yang hilang dengan minum air sebelum Anda tidur.