14 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 96 DILIHAT

Anak Tetap Sehat Selama Puasa

Kapan anak boleh dikenalkan puasa? 

  • Anak boleh mulai dikenalkan dengan puasa ketika berusia 4-5 tahun, namun sebatas pengenalan ringan saja seperti memberitahu apa itu puasa, kenapa harus menahan lapar dan haus, atau mengajaknya menemani berbuka.
  • Seiring bertambahnya usia, perkaya pengetahuannya tentang puasa.
  • Di usia 6-7 tahun, anak bisa mulai belajar puasa setengah hari dan jangan paksa jika anak tidak kuat meneruskannya.

Tips mengajari anak puasa

1.  Kenalkan puasa sejak dini secara bertahap

    Ketika anak ingin mencoba berpuasa atas kemauannya sendiri, lakukan secara bertahap. Tahap pertama mungkin dengan mengajaknya menemani buka dan sahur, sholat Tarawih, lalu mencoba berpuasa sampai jam 10 pagi, meningkat hingga jam 12 siang, dan sampai anak cukup kuat menjalankannya.

    2.  Beri contoh yang benar

      Anak cenderung peniru, maka berikan contoh yang benar untuk dijadikan panutannya. Menjalankan puasa tak hanya menahan lapar dan haus, maka tunjukkan pada anak bagaimana cara menahan diri dalam bersikap, berucap atau amarah. Dengan begitu anak pun makin paham hakikat puasa.

      3.  Sediakan menu berbuka dan sahur favoritnya

        Untuk membuat anak semangat, buatlah menu berbuka favoritnya dan sajikan dengan menarik. Ajak anak membuat menu buka dan sahur bersama, atau memintanya membantu memasak di dapur. Anak sangat senang jika dilibatkan memasak makanan favoritnya sehingga ia semangat menunggu waktu berbuka tiba.

        4.  Perhatikan asupan makanan

          Jangan sampai lengah, tetap perhatikan asupan gizi anak agar terpenuhi nutrisi hariannya selama puasa. Tak hanya bikin anak kuat puasa, namun juga agar tumbuh kembangnya tetap optimal. Untuk itu bantu dengan :

          • NutriliteTM Acerola C , yang menyediakan 100 mg vitamin C dengan bentuk tablet kunyah yang cocok untuk menjaga kesehatan anak.
          • NutriliteTM Chewable Concentrate Fruit & Vegetables, yang memberikan 21 mg vitamin C, konsentrat buah dan sayur dan, 5 macam fitonutrisi (quercetin, hesperidin, ellagic acid, lutein, dan lycopene) yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh.
          • NutriliteTM Hi-Protein Powder, yang memberikan 9 asam amino esensial. Protein berfungsi untuk regenerasi sel sehat, mendukung pertumbuhan dan imunitas.

          5.  Beri rewards

            Jangan lupa, berikan rewards jika anak berhasil menjalankan puasa. Anak akan merasa senang jika usahanya berpuasa dihargai dan membuatnya semakin semangat menjalankan puasa kembali di tahun depan.