11 APR 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 82 DILIHAT

7 Sumber Protein Agar Kehamilan Sehat

Saat hamil, tak hanya zat besi saja yang perlu ditingkatkan. Protein juga penting, lho.
Berikut sumber makanan tinggi protein yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil.

  1. Produk susu
    Produk susu mengandung protein berkualitas tinggi yaitu kasein dan whey, juga fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng. Jika toleran terhadap laktosa, bisa mengonsumsi yogurt, seperti greek yoghurt atau yoghurt probiotik yang bisa mendukung fungsi pencernaan.

  2. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang dibutuhkan selama kehamilan. Kacang-kacangan juga bisa menjadi camilan yang sehat.

  3. Ubi jalar
    Ubi jalar kaya beta-karoten, senyawa tanaman yang diubah tubuh menjadi vitamin A, yang penting untuk tumbuh kembang bayi.  Ubi jalar juga sumber serat nabati yang baik untuk membantu mengurangi lonjakan gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

  4. Ikan salmon
    Salmon kaya asam lemak omega-3 esensial yang memiliki segudang manfaat seperti membangun otak dan mata bayi dan dapat membantu meningkatkan masa kehamilan.

  5. Telur
    Telur adalah makanan sehat, karena mengandung hampir semua nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Telur adalah sumber kolin, nutrisi penting selama kehamilan, terutama untuk perkembangan otak bayi serta membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

  6. Brokoli dan sayuran berdaun hijau tua
    Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, memiliki banyak nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Jika tidak menyukai rasanya, samarkan dengan menambahkannya ke dalam sup, saus pasta, dan lainnya.

  7. Daging tanpa lemak  
    Daging sapi tanpa lemak dan ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Jika tak bisa dicukupi dari makanan, tinggal tambahkan 3 scoop NutriliteTM Hi Protein Berry dalam minuman. NutriliteTM Hi Protein Berry mengandung 9 asam amino dengan rasa berry dan kaya vitamin C. Setiap 3 scoop NutriliteTM Hi Protein Berry mengandung150 kalori, 13 gr protein, 56 mg vitamin C,  dan 346 mg kalsium.