08 JAN 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 720 DILIHAT

5 Makanan/Minuman Penyebab Lelah

Tahukah kamu, membatasi atau menghindari makanan ini dapat membantumu merasa lebih berenergi dan meminimalkan gejala kelelahan.

  1. Daging tinggi lemak
    Potongan daging tinggi lemak cenderung kaya lemak tidak sehat. Menurut data yang diterbitkan oleh Journal of Human Nutrition and Dietetics (JHND), makan lemak tidak sehat terkait dengan gejala sindrom kelelahan kronis.

  2. Roti putih olahan
    Roti putih olahan cenderung rendah serat. Jurnal yang diterbitkan oleh JHND menunjukkan bahwa makan makanan rendah serat terkait dengan gejala sindrom kelelahan kronis. Ganti roti putih dengan roti gandum yang lebih kaya serat.

  3. Permen
    Mengonsumsi makanan manis, terutama tanpa makronutrisi yang mengenyangkan seperti lemak atau protein sehat, dapat menyebabkan lonjakan glukosa yang diikuti dengan potensi penurunan, yang pada akhirnya menyebabkan rasa lesu.

  4. Soda yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa tinggi
    Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu peradangan, yang merupakan gejala sindrom kelelahan kronis. Batasi asupan makanan pro-inflamasi, seperti soda manis, untuk membantu orang merasa sedikit lebih baik saat menangani kondisi ini.

  5. Alkohol
    Minuman beralkohol dapat menimbulkan efek dehidrasi pada tubuh, yang dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan, seperti merasa sangat lelah.


Cegah lelah dengan cukup minum air

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka mudah merasa lelah dan lebih lemah dari biasanya. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dalam minuman dan makanan yang mengandung air (seperti buah-buahan, sayuran, dan sup) akan membantu mengisi kembali air yang hilang dari tubuh sepanjang hari dan dapat membantu mempertahankan energi.

Pastikan air minummu bebas kontaminan. Gunakan eSpring™ Water Treatment System, penyaring air yang meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. Secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.


1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

2https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...