07 JUN 2021 BISNIS 2 MENIT DIBACA 623 DILIHAT

5 Kesalahan Networking

1.  Membangun networking hanya saat membutuhkannya

    Satu kesalahan yang jelas adalah tidak memulai cukup awal dalam hal membangun networking. Jadikan jaringan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, pantau dan ikuti orang-orang baru saat Anda bertemu mereka sepanjang hari. Di akhir setiap minggu, lakukan evaluasi kembali untuk melihat berapa banyak koneksi baru yang Anda buat.

    2.  Menghubungi hanya saat membutuhkan sesuatu

      Orang-orang di jaringan Anda adalah koneksi untuk dikembangkan, bukan diabaikan. Lakukan kontak reguler melalui panggilan telepon, zoom meeting yang fun, atau email, untuk membina hubungan karier jangka panjang. Jika Anda mengabaikan anggota networking dan hanya mengingatnya ketika membutuhkan, bisa jadi ia tidak reseptif untuk membantu Anda. Jaringan Anda adalah investasi dan Anda harus memperlakukannya seperti itu.

      3.  Kurang persiapan

        Sebelum melakukan networking, lakukan riset agar Anda tahu siapa yang akan hadir di acara tersebut, dan buat catatan tentang siapa yang ingin Anda temui. Praktikkan elevator pitch yang menjelaskan karier Anda secara singkat dan membahas masalah yang menarik minat Anda. Pekerjaan persiapan ini tidak hanya akan membuat Anda lebih nyaman di acara tersebut, tetapi juga memastikan sesi jaringan yang produktif.

        4.  Melupakan Etiket

          Sederhananya, perilaku buruk dapat merusak bahkan peluang jaringan terbaik. Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari:

          • Muncul terlambat untuk acara networking atau pertemuan pribadi.
          • Membajak percakapan dengan terlalu lama membicarakan diri sendiri.
          • Tidak menanyakan orang lain tentang diri mereka atau apa yang mereka lakukan.
          • Menginterupsi orang lain saat mereka berbicara.
          • Menunjukkan komentar yang tidak profesional atau memecah belah secara online, atau membagikan materi pelajaran yang kontroversial di platform media sosial.
          5.  Tidak menindaklanjuti

            Jangan lupa apa yang seharusnya Anda pelajari di taman kanak-kanak: saat seseorang membantu Anda, ucapkan terima kasih. Dalam hal ini, itu berarti mengingat untuk mengirim catatan tindak lanjut atau menelepon untuk menyatakan penghargaan Anda atas waktu orang tersebut.

            Menyadari kesalahan saat networking akan memungkinkan Anda menghindari salah langkah dan fokus pada menumbuhkan dan memperkuat koneksi bisnis Anda dengan cara yang akan membantu memandu kesuksesan karier Anda.