10 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 887 DILIHAT

5 Hal yang Biasa Terjadi Saat Puasa

1.  Merasa letih dan lesu

Setelah 5-6 jam berpuasa, biasanya tubuh akan mencapai tahap ketosis, yaitu kondisi metabolisme yang merupkan proses tubuh kekurangan karbohidrat untuk dibakar menjadi energi. Akibatnya tubuh akan merasa letih dan lesu, bahkan juga bisa mengalami napas bau dan gangguan pencernaan. 

Solusi:

Pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat buka dan sahur, minum air yang cukup, dan konsumsi NutriliteTM Trio Foundation untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dasar dan menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

2.  Makan kalap saat buka

Tak makan minum sejak selesai sahur hingga menjelang maghrib sering bikin kalap begitu waktu berbuka tiba. Akibatnya tubuh akan kewalahan mencerna makanan yang datang bertubi-tubi sehingga Anda merasa ngantuk, gangguan pencernaan, berat badan naik, bahkan kulit juga bisa jerawatan dan kusam.

Solusi:

    Makanlah dengan bijaksana. Berbukalah dengan air putih dan biarkan tubuh terhidrasi terlebih dulu. Lanjutkan dengan makanan kaya serat, lalu makanlah makanan malam dengan perlahan, dan cukupi kebutuhan air minum agar tidak dehidrasi.

    3.  Malas bangun untuk sahur

    Kondisi ini biasanya disebabkan karena beraktivitas berat sebelum tidur atau makan malam mendekati tidur sehingga mengganggu ritme sirkadian atau siklus tidur.

    Solusi:

    Hindari mengonsumsi makanan berlebihan, hindari kafein, tidur lebih awal, dan pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

    4.  Berbuka dengan makanan/minuman manis berlebih

    Kolak, es teh manis, atau gorengan, biasanya menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Padahal makanan dan minuman yang manis akan menurunkan gula darah dengan cepat dan muncul rasa lemas serta mengantuk.

    Solusi:

    Berbukalah dengan air putih, lalu lanjutkan dengan makanan berserat yang cepat menghidrasi tubuh seperti buah-buahan kaya air. Lebih segar lagi jika minum minuman bernutrisi yang cepat menghidrasi seperti NutriliteTM Phyto Powder yang rendah gula, dan mengandung vitamin & mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

    5.  Kebanyakan tidur

    Tidur sebentar tidak bagus, namun tidur terlalu lama lebih tidak baik lagi karena malah membuat badan terasa lemas. Puasa bukanlah dalih untuk bermalas-malasan.

    Solusi:

      Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga sesaat sebelum berbuka puasa agar badan tetap fit dan sehat.