09 JAN 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 497 DILIHAT 12 BAGIKAN

5 Gaya Hidup Sehat Tahun Kelinci

5 Gaya Hidup Sehat Tahun Kelinci

Tahun baru ini adalah tahun kelinci, yang menurut budaya Tionghoa/China melambangkan umur yang panjang, kedamaian, dan kemakmuran, yang hanya bisa didapat dengan menerapkan gaya hidup sehat. Yuk, contek 5 gaya hidup sehat ala budaya China ini.

  1. Sayur menjadi santapan sehari-hari
    Masyarakat Tionghoa mengonsumsi sumber hewani sekitar 20% dan sisanya bersumber dari tanaman yang kaya antioksidan & fitonutrisi. Pola makan buah dan sayuran segar bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta melindungi kesehatan mata.

  2. Olahraga tai-chi untuk kesehatan tubuh dan pikiran
    Tai-chi tak sekedar seni olah tubuh, namun juga mengajarkan mindfulness yang membantu kita fokus, termasuk fokus dan sadar pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat.

  3. Tidak melewatkan sarapan
    Orang China makan besar 3 kali sehari, dan menganggap sarapan adalah waktu makan yang terpenting. Tambahkan 2 scoop NutriliteTM Hi-Protein yang terbuat dari protein tumbuhan, bebas laktosa dan dapat dikonsumsi vegetarian, dan non-GMO. NutriliteTM Hi-Protein mengandung 9 asam amino esensial yang bermanfaat untuk regenerasi sel.

  4. Minum teh hijau
    Teh kaya antioksidan dan kurang berkafein dibandingkan kopi. Tentu saja, pilih teh hijau yang berkualitas baik dan bukan teh susu.

  5. Tidur lebih awal (Zǎo shuì)
    Tradisi China lain yang bagus untuk ditiru adalah kebiasaan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Tidur saat di luar gelap dan bangun dengan matahari dianggap baik untuk tubuh. Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, stroke, serangan jantung, diabetes tipe 2, depresi, bahkan penyakit alzheimer.