08 AUG 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 162 DILIHAT

5 Fakta Tidur Kontrol Berat Badan

Pola makan dan olahraga biasanya dianggap sebagai dua faktor kunci untuk berhasil menurunkan berat badan. Padahal, tidur juga tak kalah pentingnya, lho!

  1. Kurang tidur meningkatkan risiko obesitas
    Durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7-9 jam semalam, tetapi banyak orang sering tidur kurang dari ini. Penelitian1 telah menunjukkan bahwa tidur kurang dari jumlah yang disarankan terkait dengan memiliki lemak tubuh yang lebih besar, peningkatan risiko obesitas, dan juga dapat memengaruhi seberapa mudah menurunkan berat badan dengan diet yang dikontrol kalori.

  2. Tidur pengaruhi massa lemak
    Satu studi2 membuktikan bahwa tidur 5,5 jam setiap malam selama periode dua minggu saat menjalani diet kalori terbatas menghasilkan lebih sedikit lemak (termasuk massa otot) jika dibandingkan dengan tidur 8,5 jam setiap malam.

  3. Tidur memengaruhi hormon leptin dan ghrelin
    Satu studi4, yang melibatkan sampel 1.024 orang dewasa, menemukan bahwa tidur pendek dikaitkan dengan tingkat ghrelin (hormon yang merangsang nafsu makan). yang lebih tinggi dan tingkat leptin (hormon yang menurunkan nafsu makan ) yang lebih rendah. Kombinasi ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang dan cenderung makan berlebihan.

  4. Kurang tidur memengaruhi otak
    Para peneliti4 telah menemukan bahwa area otak lebih aktif menanggapi makanan jika kurang tidur (tidur 4 jam selama 6 malam) dibandingkan dengan orang yang tidur nyenyak (tidur 9 jam selama 6 malam). Makanya banyak orang yang kurang tidur cenderung ingin mengemil dan memilih makanan kaya karbohidrat dan camilan manis, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur.

  5. Kurang tidur bikin lebih banyak makanan tidak sehat di siang hari
    Kurang tidur dapat mengganggu respons tubuh kita terhadap insulin, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap glukosa. Penelitian5 telah menunjukkan bahwa satu malam (hanya tidur empat jam) sudah cukup untuk mengganggu respons insulin terhadap asupan glukosa pada pria muda yang sehat.


Tips tidur nyenyak

Paparan cahaya biru melalui gadget (telepon, tv) dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian tubuh) dan menyebabkan gangguan pelepasan melatonin, yang sangat mempengaruhi kualitas tidur. Untuk itu ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan mematikan semua gadget, meredupkan lampu, dan udara yang segar dengan menyalakan Atmosphere MiniTM.

Atmosphere Mini™ merupakan penjernih udara dengan 3 in 1 filter yang efektif menghilangkan 99,99% partikel sekecil 0,0024 mikron di dalam ruangan berukuran 18,6 m2. Menjadikan kamar berudara bersih, bebas bau, virus, polusi, debu, allergen, dan jamur, sehingga tidur pun nyaman dan pulas!

1https://onlinelibrary.wiley.co...

2https://www.acpjournals.org/do...

3https://journals.plos.org/plos...

4https://academic.oup.com/ajcn/article/95/4/818/4576711?login=false

5https://journals.humankinetics...