11 NOV 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 412 DILIHAT

5 Fakta Karbohidrat

Meskipun sering dikaitkan dengan obesitas, karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting
selain protein dan lemak. Ketahui 5 fakta ini agar kamu lebih bijak dan tepat mengonsumsinya.

  1. Sumber energi utama kita
    Karbohidrat merupakan bahan bakar utama yang digunakan tubuh sebagai sumber energi, termasuk untuk berolahraga! Pola makan yang kurang karbohidrat dapat mengakibatkan kelelahan, mudah tersinggung, serta mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak.

  2. Karbohidrat terbagi 2 yaitu sederhana atau kompleks
    1. Karbohidrat sederhana (glukosa, fruktosa, sukrosa, dan laktosa), dibentuk oleh gula sederhana, ukurannya lebih kecil sehingga dicerna dan diserap di usus lebih cepat, dapat menyebabkan melonjaknya glukosa darah dan insulin. Contohnya gula meja, gula buah, minuman ringan, permen, dan manisan.
    2. Karbohidrat kompleks (pati) dibentuk oleh karbohidrat sederhana, lebih lama diserap di usus. Contohnya nasi, pasta, roti, kentang, singkong, dan sayuran.

  3. Sumber serat yang penting
    Serat yang terdapat dalam makanan (sayuran, polong-polongan, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan) merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna di usus dan difermentasi serta dikeluarkan melalui tinja.

  4. Kita membutuhkan karbohidrat
    Karbohidrat harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari kita dalam jumlah yang cukup. Salah satu alasannya adalah, selain menyediakan energi, makanan yang mengandung karbohidrat merupakan pembawa mikronutrien esensial dan senyawa bioaktif.

  5. Hindari diet yang melarang mengonsumsi karbohidrat
    Karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh, makanya jangan sampai tidak mengonsumsinya sama sekali. Cara terbaik adalah pilih cara memasaknya yang lebih sehat. Misalnya sedang diet namun tetap bisa makan nasi, gunakan Noxxa Rice Cooker Rendah Gula untuk memasaknya.

    Noxxa Rice Cooker Rendah Gula mampu mengurangi hingga 41% kandungan pati dari beras sehingga menghasilkan nasi rendah gula yang lebih sehat dikonsumsi. Jadi kamu tidak worry lagi. Selain itu Noxxa Rice Cooker Rendah Gula juga dilengkapi dengan teknologi terkini, mudah digunakan dan dilengkapi dengan 10 program memasak multifungsi. Canggih banget!