21 MAY 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 191 DILIHAT

5 Cara Sehatkan Pernapasan

Tahukah Anda, paru-paru, seperti jantung, persendian, dan bagian tubuh lainnya, menua seiring waktu. Mereka bisa menjadi kurang fleksibel dan kehilangan kekuatannya. Jika ditambah dengan kualitas udara yang buruk, daya tahan tubuh pun makin rentan. Ayo sehatkan pernapasan Anda dengan beberapa cara berikut:

1.  Jangan merokok atau berhenti merokok

    Setiap kali merokok, maka ribuan bahan kimia akan terhirup ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. Secara bertahap, saluran udara menyempit, sehingga sulit untuk bernapas. Merokok juga menyebabkan paru-paru menua lebih cepat. Akhirnya, bahan kimia tersebut dapat mengubah sel paru-paru dari normal menjadi kanker.

    2.  Olahraga

      Berolahraga secara teratur ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Saat berolahraga, jantung berdetak lebih cepat sehingga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat seluruh sistem antara jantung dan paru-paru, jantung, serta pembuluh darah.

      3.  Hindari paparan polutan

        Paparan polutan berupa radikal bebas tenyata tak hanya merusak paru-paru dan menurunkan daya tahan tubuh, namun juga mempercepat penuaan. Bahkan udara rumah pun tak luput dari polutan yang disebabkan aktivitas memasak. Untuk itu pastikan udara bebas polutan dengan Atmosphere Sky™, penjernih udara yang mampu menyaring 99,99% partikel di udara (hingga ukuran 0.0024mikron) dan hingga 300+kontaminan.

        4.  Mencegah infeksi

          Infeksi bisa sangat berbahaya bagi paru-paru Anda, terutama seiring bertambahnya usia. Jagalah tangan tetap bersih. Cuci secara teratur dengan air hangat dan sabun, dan hindari menyentuh wajah Anda sesering mungkin.

          5.  Tarik napas dalam-dalam

            Latihan pernapasan dapat membuat paru-paru Anda lebih efisien. Untuk mencobanya sendiri, duduklah di suatu tempat dengan tenang, dan perlahan-lahan tarik napas melalui hidung saja. Kemudian buang napas setidaknya dua kali lebih lama melalui mulut Anda.

            6.  Makan makanan yang sehat

              Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan Anda, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan pernapasan Anda. British Lung Foundation mencatat bahwa makan makanan yang seimbang membantu Anda mengelola berat badan, yang pada gilirannya bermanfaat bagi paru-paru Anda.

              Sumber:

              https://www.healthline.com/hea...

              https://www.womenhavespirit.co...