08 JUN 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 824 DILIHAT

4 Fakta Polutan Udara yang Membuat Tercengang

Polutan udara di dalam rumah ternyata sangat membahayakan kesehatan. Simak, yuk, bahayanya polutan di rumah menurut WHO.

Fakta polutan di dalam rumah

Banyak yang menyepelekan bahaya polutan udara di dalam rumah. Padahal menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, udara di dalam rumah bisa lima kali lebih tercemar daripada udara luar.

Efek polutan bagi kesehatan

Sebagian besar polusi udara ini tidak terlihat, tetapi tubuh dapat merasakan efeknya. Faktanya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), partikel mikroskopis yang melewati paru-paru dan masuk ke aliran darah bisa menjadi penyebab utama masalah kesehatan seperti asma dan alergi. Berikut beberapa fakta yang dirangkum WHO:

  1. Sekitar 2,6 miliar orang memasak menggunakan api terbuka yang menimbulkan polusi atau kompor sederhana yang berbahan bakar minyak tanah, biomassa (kayu, kotoran hewan dan limbah tanaman) dan batu bara.
  2. Setiap tahun, hampir 4 juta orang meninggal sebelum waktunya karena penyakit yang disebabkan oleh polusi udara rumah tangga dari praktik memasak yang tidak efisien menggunakan kompor berpolusi yang dipasangkan dengan bahan bakar padat dan minyak tanah.
  3. Polusi udara rumah tangga menyebabkan penyakit tidak menular termasuk stroke, penyakit jantung iskemik, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kanker paru-paru.
  4. Hampir setengah dari kematian akibat pneumonia pada anak di bawah usia 5 tahun disebabkan oleh partikel (jelaga) yang terhirup dari polusi udara rumah tangga.

Atmosphere Mini, bantu saring polutan udara di rumah

Polutan di rumah memang tidak bisa dihilangkan, namun kamu bisa melakukan langkah untuk membantu agar kamu dan keluarga menghirup udara yang lebih bersih. Yang dibutuhkan adalah pembersih udara ruangan yang dirancang khusus untuk ruangan kecil yang biasa digunakan untuk berkumpul, yaitu Atmosphere MiniTM.

  • Mampu menyaring lebih dari 300 kontaminan di udara, dengan ukuran partikel sekecil 0,0024 mikron. Dirancang untuk ruang yang lebih kecil hingga 19 meter persegi.
  • Memiliki istem filtrasi 3-in-1 yang canggih yaitu pra-filter untuk menangkap partikel yang lebih besar (debu dan rambut); filter karbon untuk menangkap gas yang tidak terlihat (bau masakan, formaldehida, ozon); dan filter HEPA untuk menghilangkan partikel mikroskopis, seperti virus, bakteri, dan alergen.
  • Dilengkapi dengan aplikasi seluler Atmosphere™ Connect untuk memantau kualitas udara dalam ruangan dan luar ruangan, bahkan saat tidak di rumah.
  • Telah menerima sertifikasi dari berbagai organisasi yaiu British UK Allergy, AHAM, ECARF, Energy Star.

Sumber: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/household-air-pollution-and-health