12 DEC 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 3227 DILIHAT 24 BAGIKAN

10 Fakta Menarik Vitamin C

Tak hanya menjaga imunitas agar kuat, masih banyak manfaat vitamin C lainnya!

  1. Menjaga kesehatan kulit
    Kolagen yang dibentuk oleh vitamin C adalah komponen utama jaringanmu. Selain penuaan, terlalu sedikit kolagen dalam tubuh paling sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, dan dapat menyebabkan kerutan dan kulit kusam.
  2. Mempercepat penyembuhan luka
    Menurut Nationals Institute of Health (NIH)1, vitamin C dapat membantu memperbaiki luka berkat perannya yang penting dalam sintesis kolagen, selain itu juga dapat membantu meningkatkan perlindungan sinar UV untuk kulit ketika dikombinasikan dengan vitamin E (meskipun itu bukan pengganti tabir surya!).
  3. Memperkuat imunitas
    Menurut ulasan di Nutrients November 20172 lalu, karena merupakan antioksidan, vitamin C dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan,
  4. Membantu menjaga kesehatan Jantung
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C terkait dengan manfaat bagi jantung, termasuk perlindungan terhadap kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, menurut NIH.
  5. Membantu penyerapan zat besi
    Vitamin C juga membantu kamu menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati.
  6. Kesehatan mata
    Vitamin C dapat menjadi bagian dari formulasi suplemen yang terkait dengan pengurangan risiko degenerasi makula terkait usia lanjut. Meskipun bukti telah dicampur, beberapa penelitian juga mengaitkan asupan makanan tinggi vitamin C dengan risiko pembentukan katarak yang lebih rendah, menurut NIH.
  7. Pencegahan asam urat
    Vitamin C dapat membantu mencegah asam urat, sejenis radang sendi yang sangat menyakitkan, menurut Oregon State University.
  8. Fungsi kognitif
    Vitamin C dikaitkan dengan membantu melindungi terhadap penurunan kognitif3 yang berkaitan dengan usia dan penyakit Alzheimer.

Nah, setelah tahu beragam manfaatnya, jangan lupa sertakan makanan kaya vitamin C dalam menu harianmu. Kamu juga bisa mengonsumsi NutriliteTM Bio C Plus Extended Release yang mengandung vitamin C dan dilengkapi dengan acerola cherry dan citrus bioflavonoid yang dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk memelihara daya tahan tubuh.

Sumber:

1https://ods.od.nih.gov/factshe...

2https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

3https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...