14 DEC 2020 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 6445 DILIHAT 21 BAGIKAN

10 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Gaya hidup Anda dan pilihan makanan Anda dapat mempengaruhi sistem pencernaan, lho!

Lakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, agar sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik.

1. Makan diet tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan kaya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain itu juga membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar, serta mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Konsumsi serat yang tidak larut dan larut

Sangat penting untuk mengonsumsi kedua jenis serat, karena mereka membantu memperlancar sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda.

3. Batasi makanan yang tinggi lemak

Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit. Makan makanan berlemak bersama makanan berserat tinggi agar lebih mudah dicerna.

4. Pilih daging tanpa lemak

Protein adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi potongan daging berlemak dapat menyebabkan pencernaan tidak nyaman. Saat Anda makan daging, pilih potongan tanpa lemak, seperti daging ayam tanpa kulit.

5. Masukkan probiotik ke dalam makanan Anda

Probiotik adalah jenis bakteri sehat yang sama yang secara alami ada di saluran pencernaan Anda, yang membantu menjaga kesehatan tubuh dengan memerangi efek dari diet yang buruk, antibiotik, dan stres. Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Konsumsi sumber probiotik yang baik seperti yogurt rendah lemak atau kefir, setiap hari.

6. Makan sesuai jadwal

Mengonsumsi makanan dan camilan secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap prima. Jadi coba sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan sekitar jam yang sama setiap hari.

7. Tetap terhidrasi

Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat menarik air ke usus besar untuk membuat tinja yang lebih lunak dan lebih besar, yang memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah.

8. Abaikan kebiasaan buruk: merokok, kafein berlebihan, dan alkohol

Minuman keras, kopi, dan rokok dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan masalah seperti bisul perut dan mulas.

9. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan mengurangi sembelit. Olahraga juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Jadikan latihan olahraga teratur menjadi jadwal mingguan Anda.

10. Kelola stres

Terlalu banyak stres atau kecemasan dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras. Temukan kegiatan yang mengurangi stres yang Anda nikmati dan praktikkan secara teratur.