18 NOV 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 224 DILIHAT

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mulut adalah pintu masuk bakteri/virus ke saluran pencernaan dan pernapasan. Pertahanan alami tubuh dan perawatan kesehatan mulut yang baik akan menjaga bakteri tetap terkendali, namun juga kebersihan mulut buruk maka dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan juga dikaitkan dengan berbagai penyakit dan kondisi, termasuk:

  1. Endokarditis
    Infeksi pada lapisan dalam bilik atau katup jantung (endokardium) ini biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain tubuh, seperti mulut, menyebar melalui aliran darah dan menempel ke area tertentu di jantung.

  2. Penyakit kardiovaskular
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke mungkin terkait dengan peradangan dan infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri mulut.

  3. Komplikasi kehamilan dan kelahiran
    Periodontitis telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat lahir rendah

  4. Radang paru-paru
    Bakteri tertentu di mulut dapat masuk ke paru-paru, menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya.


Kiat menjaga kesehatan mulut

Untuk melindungi kesehatan mulut, jaga kesehatan mulut dan gigi dengan rangkaian produk Glister.

  1. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, gunakan sikat berbulu lembut seperti Glister™ Multi-Action Toothbrush with Bamboo-Salt yang memiliki bulu sikat yang lembut dan pegangan yang flexible, sehingga mudah digunakan. Bulu sikat mengandung Bamboo-Salt yang memberikan perlindungan anti-bakteri.

  2. Gunakan pasta gigi Glister™ Multi Action Toothpaste dengan REMINACT™ formula yang membantu mengembalikan mineral esensial kembali ke enamel untuk memperkuat gigi.

  3. Gunakan obat kumur Glister Multi Action Oral Rinse setelahnya. Berkumurlah selama 30 detik untuk membantu menghilangkan lebih banyak plak dengan kandungan peppermint yang mampu membunuh 99% bakteri.

  4. Lalu semprotkan Glister Mint Refresher Spray, mouth spray dengan rasa mint yang menyegarkan sekaligus mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

  5. Jaga pola makan dengan banyak mengonsusi makanan yang sehat termasuk sayuran dan buah-buahan. Hindari: 
    1. Gula, memicu bakteri dan keasaman di mulut, menyebabkan plak terbentuk dan menggerogoti email dan gusi.
    2. Rokok, nikotin dan tar dalam rokok tidak hanya mengubah warna gigi menjadi kuning yang tidak sedap dipandang, tetapi juga menggerogoti gusi. Lebih buruk lagi, bahan kimia tembakau dapat menyebabkan kanker mulut.
    3. Soda, dua bahan soda yaitu asam fosfat dan asam sitrat menggerogoti permukaan gigi, membuat enamel gigi Anda lebih lembut dan lebih rentan terhadap gigi berlubang.