10 OCT 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 157 DILIHAT

Tips Memilih Sabun Cuci Piring Aman

Hati-hati, lho, memilih sabun cuci piring, karena tak semua mengandung bahan yang aman. Bahan kimia tertentu bahkan bisa meninggalkan residu beracun.

Hindari sabun cuci piring yang mengandung ini

The Environmental Working Group (EWG)1 mengevaluasi 326 sabun cuci piring dan masing-masing diberi peringkat bahaya mulai dari A hingga F, A yang paling aman, F yang paling beracun. Berikut ini beberapa zat kimia berbahaya yang biasanya terdapat pada sabun cuci piring:

  1. Karsinogen seperti DEA, MEA, TEA
    Karsinogen ini masih umum ditemukan dalam produk rumah tangga seperti sabun cuci piring, deterjen, dan pembersih serba guna. Karsinogen dan neurotoksin dapat menyebabkan iritasi kulit, mata, hidung, tenggorokan, dan paru-paru, mengantuk, sakit kepala dan vertigo.

  2. Pewarna
    Pewarna dalam sabun cuci piring dapat mengandung senyawa yang mengiritasi seperti benzidin; dan telah dikaitkan dengan banyak gangguan mood, seperti hiperaktif.

  3. Formaldehida
    Biasanya digunakan sebagai pengawet. Racun ini bisa mengiritasi pernapasan dan dapat diserap oleh kulit.

  4. Phthalates
    Merupakan pengganggu endokrin yang terkait dengan masalah perkembangan, reproduksi, hormon, otak, kekebalan, dan lainnya.

Apa sabun cuci piring yang aman?

Ketika memilih sabun cuci piring, biasakan membaca label yang biasanya menempel di botol. Pastikan beberapa zat kimia di atas tidak tercantum dalam formulanya. Atau, pilih saja Dish Drops™ Concentrated Dishwashing Liquid yang terbukti aman dan bebas zat kimia beracun.

Dish Drops™ Concentrated Dishwashing Liquid adalah sabun cuci piring konsentrat yang terbuat dari surfaktan ringan yang mengadung ekstrak lidah buaya, yang efektif menghilangkan lemak pada piring dan perabot dapur lainnya. Lembut di tangan dan biodegradable. Satu tetes sudah cukup untuk membuat peralatan masak berkilau. Dish Drops™ Concentrated Dishwashing Liquid bahkan bisa digunakan untuk mencuci

sayuran dan buah, lho!

1https://www.ewg.org/guides/categories/5-Dishwashing/

2https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/endocrine/index.cfm