14 JAN 2024 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 199 DILIHAT

Tidur Berkualitas Dengan 10-3-2-1-0

Masih saja susah tidur nyenyak? Metode 10-3-2-1-0 ini bisa kamu coba, lho.

10 jam sebelum tidur: tidak ada lagi kafein

Kadar kafein biasanya mencapai puncaknya 1 jam setelah mengonsumsi kopi dan hilang setelah jam ke-10.

Tips: Jika ingin minum minuman berkafein, minumlah di pagi hari, antara jam 9 sampai 11:30. Di jam ini terjadi peningkatan kortisol alami yang mendorong kerja kafein paling produktif. .

3 jam sebelum tidur: tidak makan atau minum alkohol

Makan larut malam dapat mengganggu ritme sirkadian karena otot yang mencerna dan memetabolisme makanan harus tetap bekerja. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan gangguan tidur.

Tips: usahakan makan terakhir setidaknya 3 jam sebelum tidur dan pastikan terhidrasi sepanjang hari.

2 jam sebelum tidur: tidak ada pekerjaan lagi

Menyelesaikan pekerjaan atau bebas tugas dua jam sebelum tidur dapat membantu tidur lebih baik.

Tips: tuntaskan pekerjaan dan buat lingkungan tidur yang kondusif seperti memastikan kamar tidur nyaman dan nyalakan AtmosphereTM Mini agar tidur makin pulas karena menghirup udara yang bebas kontaminan.

1 jam sebelum tidur: matikan semua gadget

Cahaya biru yang dipancarkan layar gadget mengurangi produksi melatonin yang mengontrol siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) sehingga membuat sulit untuk tertidur dan bangun keesokan paginya.

Tips: matikan semua gadget dan ciptakan ritual sebelum tidur yang rileks seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

0: waktu memencet tombol snooze

0 adalah jumlah memencet tombol snooze di pagi hari. Kebanyakan orang menyetel alarm beberapa kali. Menekan tombol snooze alarm lalu tidur lagi akan mengganggu tidur REM, bahkan dapat memicu respons melawan-atau-lari.

Tips: jauhkan jam alarm, sehingga harus bangun untuk mematikan alarm di pagi hari, dan tidak tidur lagi. Jangan lupa, nyalakan AtmosphereTM Sky untuk membantu tidurmu lebih berkualitas karena memiliki 3 in 1 filter yang efektif menghilangkan 99,99% partikel sekecil 0,0024 mikron. Menjadikan hunian berudara bersih, bebas bau, virus, polusi, debu, alergen, dan jamur.