22 JAN 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 737 DILIHAT

Pentingnya Zat Besi Untuk Anak

Meskipun zat besi dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun jika kekurangan bisa mengganggu tumbuh-kembang anak, lho.

Apa itu zat besi?

Zat besi merupakan mineral penting dari hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Manfaat zat besi

Zat besi dibutuhkan hemoglobin untuk "membawa" (mengikat) oksigen dalam darah, sehingga oksigen sampai ke tempat yang membutuhkannya. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin sehingga memiliki lebih sedikit sel darah merah, yang berakibat jaringan dan organ tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup. Beragam gangguan kesehatan pun bisa mengintai.

Jika kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi akan menimbulkan masalah kesehatan pada balita dan remaja, terutama anak perempuan yang berisiko mengalami menstruasi yang berat.

Kekurangan zat besi dapat memengaruhi pertumbuhan serta mengganggu proses belajar dan perilaku. Jika kekurangan zat besi tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan anemia defisiensi besi (penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh).

Sumber zat besi

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada anak, berikan mereka:

  1. Makanan kaya zat besi seperti daging, tahu, sayuran berdaun hijau tua, makanan laut, kacang kering, kacang polong, dan buah kering.
  2. Makanan kaya vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, seperti buah jeruk, melon, stroberi, paprika, tomat, dan sayuran hijau tua.
  3. NutriliteTM Chewable Iron, yang setiap tabletnya mengandung 3.67 mg zat besi dengan rasa vanilla untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi anak.